No image available for this title

Text

Strategi pemasaran makanan beku (Frozen Food) berbahan dasar daging ayam pada CV. Indomitra Cipta Pangan, Kota Tangerang



Produk pangan beku (frozen food) merupakan olahan makanan instan beku yang tahan lama dan mudah dalam penyajiannya. Daging ayam merupakan salah satu bahan baku yang ada pada produk makanan beku, sehingga frozen food dijadikan makanan alternatif bagi konsumen yang mengkonsumsi daging ayam secara praktis. CV. Indomitra Cipta Pangan merupakan salah satu produsen yang mengolah daging ayam menjadi makanan beku. Bisnis Pengolahan Frozen Food saat ini berada di dalam pasar yang semakin kompetitif, semakin beragam pula pilihan makanan yang dapat dikonsumsi, serta gaya hidup konsumen yang kian berubah, menjadikan alasan bagi CV. Indomitra Cipta Pangan untuk mampu mengelola usahanya agar tetap bertahan dan berkembang di tengah persaingan. Kegiatan pemasaran yang belum dilakukan secara maksimal, persaingan yang semakin kompetitif, serta penurunan penjualan menjadi dasar permasalahan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kegiatan pemasaran produk CV. Indomitra Cipta Pangan. 2) menganalisis posisi perusahaan CV. Indomitra Cipta Pangan berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal tersebut. 3) merumuskan alternatif strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh CV. Indomitra Cipta Pangan, 4) menentukan prioritas strategi pemasaran CV. Indomitra Cipta Pangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM.
Hasil penelitian dengan Matriks IFE menunjukan bahwa ada enam faktor kekuatan dan enam faktor ancaman dengan skor total sebesar 2,720. Analisis dengan Matriks EFE menunjukan adanya enam faktor peluang dan enam faktor ancaman, dengan skor total sebesar 3,136. Dengan total skor tersebut, dapat dipetakan dalam Matriks IE dan diketahui bahwa posisi perusahaan CV. Indomitra Cipta Pangan berada di posisi tumbuh dan berkembang (grow and build). Sehingga strategi yang cocok digunakan adalah strategi pengembangan produk, penetrasi dan pengembangan pasar, serta strategi integratif. Alternatif strategi disusun menggunakan Matriks SWOT, terdapat lima alternatif strategi yang dihasilkan yaitu; berinovasi membuat produk baru atau mengembangkan rasa dari produk yang sudah ada, mengadakan program loyalty reward untuk konsumen atau reseller, memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan identitas produk melalui media sosial, bermitra dengan GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, serta menawarkan promosi berupa paket (yang berisi beberapa produk tertentu) dengan harga spesial dalam jangka waktu yang terbatas. Strategi yang menjadi prioritas bagi CV. Indomitra Cipta Pangan adalah strategi memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan identitas produk melalui media sosial, dengan jumlah total skor daya tarik sebesar 6,457. Prioritas strategi tersebut dihasilkan dari analisis menggunakan Matriks QSPM.
Kata Kunci: Makanan Beku, Frozen Food, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM, CV. Indomitra Cipta Pangan.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 244 SI 2022
244 SI 2022
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
244 SI 2022
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 144 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
244
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog