No image available for this title

Text

Analisis pendapatan usaha serbuk jahe merah pada industri kecil cv. Upi Jaya Nusantara



Jahe merupakan komoditas pertanian yang dapat diolah dan memiliki nilai ekonomis. Salah satu produk olahan jahe yaitu serbuk jahe. Industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang pengolahan serbuk jahe merah. Berdasarkan hasil wawancara awal diketahui bahwa penjualan serbuk jahe merah pada tahun 2021 mengalami fluktuatif cenderung menurun. Dalam menjalankan usahanya CV. Upi Jaya Nusantara juga masih terdapat kendala yang dihadapi pada aspek produksi yaitu ketersediaan bahan baku jahe merah yang terkadang tidak tersedia di pemasok atau tidak menentu serta pada aspek manajemen keuangan yaitu perusahaan belum melakukan pencatatan keuangan dengan terstruktur.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis struktur biaya yang dikeluarkan pada usaha produksi serbuk jahe merah pada industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara (2) Menganalisis perhitungan pendapatan yang diperoleh pada usaha produksi serbuk jahe merah pada industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara (3) Menganalisis usaha berdasarkan R/C Rasio, B/C Rasio, dan Payback Period usaha produksi serbuk jahe merah pada industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara. Metode analisis yang digunakan struktur biaya diperoleh dari perhitungan biaya tetap dan biaya variabel usaha produksi serbuk jahe merah. Analisis pendapatan dengan perhitungan selisih antara penerimaan dengan total biaya yang dikeluarkan dalam usaha produksi serbuk jahe merah, kemudian dilakukan analisis usaha R/C Rasio, B/C Rasio, Payback Period.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur biaya usaha produksi serbuk jahe merah pada industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Total biaya usaha produksi serbuk jahe merah pada tahun 2021 sebesar Rp208.460.418, terdiri dari total biaya tetap sebesar Rp25.453.668 dengan persentase 12,21% dan total biaya variabel sebesar Rp183.006.750 dengan persentase 87,79%. Penerimaan usaha produksi serbuk jahe merah CV. Upi Jaya Nusantara tahun 2021 sebesar Rp383.550.000. Pendapatan usaha produksi serbuk jahe merah CV. Upi Jaya Nusantara tahun 2021 sebesar Rp175.089.582. Berdasarkan analisis usaha pada industri kecil CV. Upi Jaya Nusantara, analisis R/C Rasio menunjukkan nilai 1,84 dan anaisis B/C Rasio nilai 0,84 yang menunjukkan bahwa usaha produksi layak atau menguntungkan untuk dikembangkan. Analisis Payback Period pada tahun 2021 menunjukkan nilai 1,86 artinya usaha produksi serbuk jahe merah CV. Upi Jaya Nusantara mengalami pengembalian modal investasi dalam jangka waktu 1 tahun 10 bulan 26 hari
Kata kunci: Serbuk Jahe Merah, Struktur Biaya, Pendapatan Usaha, R/C Rasio, B/C Rasio, Payback Period.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 317 AGR 2023
AGR317
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
317 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 73 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
317
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog