No image available for this title

Text

Strategi Peningkatan Kinerja Anggota Peternak Sapi Perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (Kps) Bogor



Sektor pertanian memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian dan pemenuhan kebutuhan pangan manusia. Salah satu sektor pertanian yang memiliki potensi sebagai penyedia bahan pangan hewani dan berperan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) adalah subsektor peternakan. Komoditi ternak yang dapat dikelola di Indonesia yaitu peternakan sapi perah. Kondisi peternakan sapi perah di Indonesia masih didominasi oleh usaha ternak sapi perah rakyat dimana peternakan sapi perah ini diusahakan oleh peternak dengan karakteristik skala kepemilikan kecil, sehingga dalam pengembangan usahanya dihimpun dalam wadah koperasi. Koperasi susu yang masih aktif di Bogor adalah Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor yang merupakan koperasi primer yang beranggotakan para peternak sapi perah. Anggota peternak sapi perah tersebut merupakan salah satu pemain utama yang memegang peranan penting dalam keberlanjutan usaha Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor karena sebagai sumber yang menjamin ketersediaan bahan baku yaitu susu segar. Trend produksi susu sapi perah hasil anggota peternak di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor mengalami penurunan pada tahun 2017 hingga tahun 2020. Rata-rata penurunan tersebut mencapai 14 persen setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja anggota peternak sapi perah belum optimal.
Gambaran umum yang terjadi dilapangan terkait masalah kinerja anggota peternak sapi perah yaitu adanya penurunan jumlah produksi susu sapi perah, kualitas susu yang dihasilkan oleh anggota peternak sapi perah masih di bawah standar Industri Pengolahan Susu (IPS) yang mengakibatkan susu tidak dapat diterima. Selain itu, rendahnya kinerja anggota peternak sapi perah juga dikarenakan proses pemeliharaan dan pemerahan susu masih dilakukan secara tradisional dan sederhana serta merupakan usaha turun temurun. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi terkait kendala pada kinerja anggota peternak sapi perah yang berdampak pada kinerja dan keberlangsungan Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor. Strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi para pemegang kebijakan dalam penentuan program kebijakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kinerja anggota peternak sapi perah guna mencapai tujuan koperasi dan keberlanjutan usaha pada Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja anggota peternak sapi perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor, 2) menentukan alternatif strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah yang dapat diterapkan di Koperasi Produksi
x
Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor, dan 3) merumuskan prioritas strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah yang sesuai dengan Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga September 2022 di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor dengan pertimbangan karena merupakan salah satu koperasi yang mewadahi para peternak sapi perah di Kota dan Kabupaten Bogor serta Kota Depok dimana dalam usahanya mengalami stagnansi bahkan cenderung mengalami penurunan jumlah produksi susu segar, kualitas susu segar yang diterima dari anggota peternak sapi perah masih di bawah standar kualitas yang telah ditetapkan, dan proses beternak anggota peternak sapi perah masih dilakukan secara tradisional dan sederhana. Strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah didasarkan pada kegiatan wawancara mendalam dan pengisian kuesioner terhadap pihak-pihak terkait, dan dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor dan sub faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja anggota peternak sapi perah, dan alternatif-alternatif strategi yang tepat dalam peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah dan untuk menentukan prioritas strateginya menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan strategi yang tepat bagi anggota peternak sapi perah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh dalam strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor yaitu kinerja usaha, sumber daya manusia, dan rantai pasok. Sub faktor yang berpengaruh dalam strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor mulai dari faktor kinerja usaha terdiri dari tiga sub faktor yaitu produktivitas, profitabilitas, dan teknologi. Faktor sumber daya manusia terdiri dari tiga sub faktor yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi. Faktor rantai pasok terdiri dari tiga sub faktor yaitu pemerahan, penyimpanan, dan pengiriman. Alternatif strategi yang berpengaruh dalam strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor terdiri dari memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada peternak sapi perah, meningkatkan intensitas penyuluhan kepada peternak sapi perah, meningkatkan produktivitas sapi perah dengan memperbaiki mutu genetik dan manajemen beternak, dan kebijakan dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan.
Berdasarkan hasil pengolahan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), bahwa prioritas utama dalam strategi peningkatan kinerja anggota peternak sapi perah di Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor adalah meningkatkan produktivitas sapi perah dengan memperbaiki mutu genetik dan manajemen beternak dengan bobot 0,302, selanjutnya memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada peternak sapi perah dengan bobot 0,290, selanjutnya meningkatkan intensitas penyuluhan kepada peternak sapi perah dengan bobot 0,229, dan yang terakhir yaitu kebijakan dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan dengan bobot 0,179.
Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), Kinerja, Koperasi, Peternak Sapi Perah, Strategi


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 312 AGR 2023
AGR312
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
312 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 124 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog