No image available for this title

Text

Rancang Bangun Customer Knowledge Management System Berbasis Website Studi Kasus : Art Nurseries



Knowledge management (KM) umumnya dikembangkan di antara para karyawan dan menaruh sedikit perhatian terhadap pelanggan yang merupakan mitra terpenting dalam proses penciptaan value. KM yang memposisikan pelanggan sebagai penerima produk pasif, memunculkan kendala bagi perusahaan karena kurangnya akses perusahaan untuk mengeksplor pengetahuan pelanggan yang berimbas pada penyediaan pelayanan kurang efektif, kebingungan dalam kegiatan pemasaran, dan kesulitan menjangkau informasi pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah. Kelemahan yang ada pada KM dapat diperbaiki dengan penerapan konsep customer knowledge management (CKM) yang memfokuskan perusahaan untuk menciptakan value lebih dengan berorientasi terhadap pelanggan dan menjadikan pelanggan berperan sebagai mitra pengetahuan aktif sehingga perusahaan dapat mengenal pelanggan mereka lebih dekat. ArT Nurseries merupakan toko tanaman hias aglonema yang memiliki pelanggan tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan membutuhkan CKM System untuk memfasilitasi terciptanya konsep CKM untuk menjalankan kegiatan operasional secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun CKM system pada industri tanaman hias yang dapat digunakan sebagai platform untuk memberikan informasi kepada pelanggan, memasarkan produk, dan menghimpun pengetahuan dari pelanggan. Siklus KM yang digunakan adalah Zack and Meyer dengan model SECI dan pendekatan Soft Sytem Methododology untuk meminimalisir perbedaan model konseptual dengan dunia nyata. Metode pengembangan sistem yang digunakan Rapid Application Development dengan perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pengembangan sistem menggunakan framework ReactJS, Laravel, dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah CKM system yang dapat membantu perusahaan tanaman hias untuk menyediakan informasi kepada pelanggan, saling bertukar knowledge antar stakeholder, dan membantu perusahaan dalam memasarkan produk dengan cara yang lebih efektif.
Kata Kunci : Customer Knowledge Management System, Siklus Zack dan Meyer, Model SECI, Soft System Methodology, Rapid Application Development.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 388 SI 2022
SI388
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
388 SI 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxiv, 292 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
388
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog