No image available for this title

Text

Pengaruh gaya kepemimpinan, kompensasi dan motivasi terhadap disiplin kerja dan kinerja karyawan pada Divisi Pemasaran PERUMDA Dharma Jaya Cakung



Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan mengoptimalkan kinerja perusahaan dari segi pendapatan atau pengeluaran. Pentingnya peranan untuk mensejahterahkan konsumen daging dan petani ternak mendorong Dharma Jaya yang merupakan Perusahaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta bidang jasa pemotongan ternak, pengadaan dan penyaluran daging di Provinsi DKI Jakarta (Dharma Jaya.co.id, 2021) untuk menghasilkan kinerja perusahaan yang baik, terutama dari sisi kinerja karyawan. Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu gaya kepemimpinan, kompensasi, motivasi dan disiplin (Busro, 2018). Kedisiplinan karyawan divisi pemasaran terlihat dari persentase keterlambatan sebesar 44%. Hal ini diduga akibat sanksi yang diberikan kurang membuat jera bagi pelanggar, kurang semangatnya karyawan dalam bekerja dan kendala dalam pemberian kompensasi. Hal itu dapat berdampak pada output berupa total penjualan Bulan Januari – Mei 2022 yang hasilnya cenderung menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan, kompensasi dan motivasi terhadap disiplin kerja, 2) pengaruh langsung gaya kepemimpinan, kompensasi, motivasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan, dan 3) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan, kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja.
Penelitian dilakukan pada Bulan Juni – Oktober 2022. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang dikauntitatifkan dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS Versi 3. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode total sampling yaitu 31 orang karyawan divisi pemasaran Perumda Dharma Jaya Cakung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung gaya kepemimpinan dan kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, sedangkan motivasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja. Kemudian secara langsung gaya kepemimpinan dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompensasi dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Lalu gaya kepemimpinan dan kompensasi secara tidak langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja, sedangkan motivasi secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 258 AGR 2022
258 AGR 2022
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
258 AGR 2022
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xviii, 190 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
258
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog