No image available for this title

Text

Pengukuran Tingkat Kesiapan Adopsi E-Commerce Pada Umkm Bubuk Kopi Hitam Nagari Koto Tuo Menggunakan Metode Technology Readiness Index (Tri)



E-commerce merupakan konsep yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang pada
internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan
informasi termasuk internet. Hasil survei e-commerce 2019 oleh Badan Pusat Satistik (BPS)
yang telah dilakukan dengan sampel sebanyak 3.504 Blok Sensus yang tersebar di 101
kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia pada 2019, menunjukkan bahwa dari
seluruh usaha yang dilakukan pendataan, hanya 15,08 persen yang merupakan usaha ecommerce.
Hal ini menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan melalui internet di Indonesia
masih tergolong rendah, usaha di Indonesia masih didominasi dengan jenis usaha
konvensional. Belum diketahui faktor-faktor kesiapan adopsi e-commerce pada UMKM
Bubuk Kopi Nagari Koto Tuo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana
kesiapan adopsi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesiapan adopsi ecommerce.
Penelitian ini menggunakan model Technology Readiness Index (TRI) dan
Model Adopsi Teknologi Informasi dengan menambahkan variabel customer readiness,
competitive pressure, dan IT adoption. Populasi pada penelitian ini adalah UMKM di
Nagari Koto Tuo terfokus pada pelaku UMKM yang memprodukssi Bubuk Kopi Hitam.
Sampel yang digunakan dari populasi tersebut berjumlah 150 responden dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan teknik analisa menggunakan PLS-SEM serta proses analisis data menggunakan
SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam dari sepuluh hipotesis
diterima. Sehingga faktor yang mempengaruhi kesiapan adopsi e-commerce adalah variabel
optimism terhadap variabel customer readiness, variabel optimism terhadap variabel
competitive pressure, innovativeness terhadap variabel customer readiness, innovativeness
terhadap competitive pressure, discomfort terhadap customer readiness dan competitive
pressure terhadap IT adoption. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan
pertimbangan dalam mengembangkan dan memanfaatkan e-commerce sebagai media
transaksi jual-beli secara online bagi UMKM Bubuk Kopi Hitam Nagari Koto Tuo.
Kata Kunci: kesiapan adopsi, e-commerce, Technology Readiness Index, PLS- SEM


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 315 SI 2022
SI315
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
315 SI 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 208 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
315
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog