No image available for this title

Text

Sistem Pendukung Keputusan Alokasi Dana Investor Reksadana Syariah dengan Metode Perbandingan Eksponensial Mpe dan Forecasting Studi Kasus: Pt. Danareksa Investment Management



PT. Danareksa Investment Management adalah perusahaan yang berperan sebagai manajer investasi di bidang penawaran dan pengelolaan portofolio asset dengan melakukan analisis terhadap pengalokasian dana investor pada Reksadana. Meski merupakan perusahaan konvensional, perusahaan ini memiliki produk syariah yaitu Reksadana Syariah yang alokasi dananya ke berbagai portofolio efek yang memiliki unsur syariah. Saat ini perusahaan tersebut mengelola dana sekitar 12,5 Triliun. Proses alokasi dana investor Reksadana Syariah tersebut dipengaruhi oleh berbagai kondisi pasar yang dapat berubah-ubah setiap saat. Alokasi investasi tersebut masih melakukan perkiraan secara manual dan harus menunggu dari Bank Kustodian, jika lewat dari ketentuan persentase maka fund manager harus mengulang kembali proses alokasi tersebut, serta belum adanya sistem untuk melakukan perhitungan forecasting saham. Hal ini menyebabkan kurang efektifnya proses alokasi dana investor tersebut. Hal ini memberikan inisiatif untuk membangun sistem pendukung keputusan dibanding aplikasi pengolahan angka semata. Tujuan dari penelitian ini adalah dalam rangka merancang sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu mempermudah proses alokasi dana investor. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan Alokasi Dana Investor Reksadana Syariah dengan menggunakan metode Object Oriented model Rational Unified Process (RUP) menggunakan Unified Modelling language (UML) dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) dan Forecasting metode analisis Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Dalam membangun sistem tersebut, teknologi yang dipakai yaitu PHP sebagai bahasa pemrograman, XAMPP sebagai web server dan MySQL sebagai database. Sistem pendukung keputusan yang dihasilkan dapat menentukan persentase alokasi dana investor reksadana syariah dengan pembobotan kriteria MPE dengan persentase saham 82,6%, 13,06% untuk obligasi dan 4,3% untuk pasar uang serta dilanjutkan dengan proses perankingan 30 saham dengan forecasting yang menentukan saham optimal yaitu ASII, TLKM dan ANTM berdasarkan rentang waktu untuk penilitian bulan Februari-Maret. SPK berbasis standalone dengan kapasitas user dua orang yaitu admin dan fund manager.
Kata Kunci : Reksadana Syariah, Metode Perbandingan Eskponensial (MPE), Forecasting, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Rational Unified Process (RUP), Unified Modelling Language (UML)


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 419 SI 2012
SI419
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
419 SI 2012
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxiv, 169 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
419
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog