No image available for this title

Text

Evaluasi kepuasan konsumen produk komposter magobox PT. Biomagg Sinergi Internasional



Magobox (Maggot in The Box) merupakan produk komposter hasil kolaborasi PT. Biomagg Sinergi Internasional dan Almagot Indonesia. Produk komposter ini telah dikenal oleh masyarakat melalui sosial media Instagram, TikTok dan media internasional dengan jumlah tayangan terbanyak 6 Milyar. Selain memasarkan melalui sosial media, PT. Biomagg Sinergi Internasional juga memasarkan Magobox melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Namun, ditinjau dari ulasan yang ada pada marketplace, beberapa konsumen memiliki keluhan terhadap produk komposter Magobox diantaranya mengenai warna, pelayanan, dan kelengkapan produk. Penilaian konsumen yang kurang baik ini mengindikasikan adanya masalah kepuasan konsumen Magobox. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk evaluasi kepuasan konsumen produk komposter Magobox.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. Ukuran sampel menggunakan rumus Lemeshouw yang dibulatkan menjadi 100 orang responden. Kriteria responden penelitian ini ialah individu yang pernah membeli Magobox dan tergabung pada Grup WhatsApp Komunitas Lalat Baik. Analisis crosstab dan chi-square digunakan untuk mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan kepuasan konsumen. Analisis kepuasan konsumen dilakukan dengan Customer Satisfaction Index dan analisis IPA (Importance Performance Value) digunakan untuk mengetahui variabel yang menjadi prioritas konsumen alam perbaikan.
Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kepuasan konsumen terhadap variabel emosional di berbagai tingkat usia konsumen magobox. Tingkat kepuasan konsumen Magobox PT. Biomagg Sinergi Internasional berada pada angka 84,17 yang menunjukkan bahwa konsumen Magobox sudah sangat puas terhadap produk Magobox dan layanan yang diberikan PT. Biomagg Sinergi Internasional. Atribut produk komposter Magobox yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan ialah indikator pada variabel kualitas produk yaitu jalur migrasi otomatis dan fitur trap pengaman pada Magobox. Adapun indikator yang sudah sangat baik kinerjanya namun tidak terlalu dianggap penting oleh konsumen ialah variasi warna produk.
Kata Kunci: Agribisnis, Kepuasan Konsumen, Lalat Tentara Hitam, Komposter, Perilaku Konsumen


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 278 AGR 2022
278 AGR 2022
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
278 AGR 2022
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 90 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
278
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog