No image available for this title

Text

Analisis kepuasan pengguna aplikasi Mypertamina menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)



PT. Pertamina (Persero) merupakan suatu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi yang bertugas dalam pengelolaan penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Saat ini, PT. Pertamina telah menciptakan Loyalty Program yaitu aplikasi mobile MyPertamina yang berfungsi sebagai sistem pembayaran non-tunai (cashless payment), dimana aplikasi ini dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran BBM. Namun sejak tahun 2017 aplikasi ini berjalan, hingga sampai saat ini diketahui bahwa jumlah pengguna MyPertamina yang ada masih terhitung rendah dan jauh dari potensi maksimal populasi kendaraan yang ada di Indonesia. Yaitu pengguna MyPertamina saat ini ialah kurang lebih 5 Juta pengguna, sedangkan jumlah kendaraan di Indonesia sendiri saat ini ialah 144 juta unit kendaraan. Hal ini menyebabkan belum tercapainya target pengguna yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh PT. Pertamina. Hal ini menyebabkan belum tercapainya target pengguna yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh PT. Pertamina. Dimana Pertamina mengaharapkan jumlah pengguna dapat mencapai setidaknya 50% dari populasi kendaraan yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian ini untuk mengukur kepuasan pengguna sistem MyPertamina yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mereka terhadap aplikasi MyPertamina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian End User Computing Satisfaction (EUCS) terdiri dari 5 variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden dengan teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Proses analisis data menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Dari 5 hipotesis yang diuji, 1 diantaranya ditolak. Sehingga faktor -faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna MyPertamina adalah dari sisi Content, Accuracy, Ease of Use, dan Timeliness. Sedangkan variabel Format tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna MyPertamina. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat merekomendasikan kepada PT. Pertamina sebagai pihak yang berwenang agar dapat lebih memperhatikan terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna MyPertamina seperti yang telah disebutkan. Peneliti berharap untuk kedepannya agar aplikasi MyPertamina ini dapat lebih baik lagi dari segi kegunaan fitur-fitur yang tersedia dan bisa menjadi aplikasi yang paling unggul dibandingkan dengan aplikasi lainnya.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Mobile Payment, MyPertamina, EUCS


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 392 SI 2022
392 SI 2022
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
392 SI 2022
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 123 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
392
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog