No image available for this title

Text

Strategi Pemasaran Online Sayuran Hidroponik Pada PT. Pasa Agro Supply (Sayuranch) Kota Depok, Jawa Barat



Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal kunci yang mempengaruhi pemasaran online sayuran hidroponik PT Pasa Agro Supply (Sayuranch) guna memetakan posisi perusahaan sehingga dapat merumuskan alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan untuk mengoptimalkan pemasaran produk. Analisa Lingkungan Internal meliputi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence); Eksternal meliputi Lingkungan Makro (Demografi, Ekonomi, Sosial-Budaya, Teknologi, Lingkungan Alam; Politik dan Hukum) dan Mikro (Pemasok, Perantara Pemasaran, Pelanggan, Pesaing). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui Wawancara, Pengisian Kuesioner oleh narasumber dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen, studi literatur dan teori-teori yang mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan alat analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan QSPM.
Hasil analisis matriks IFE dapat diidentifikasi delapan kekuatan dan enam kelemahan dengan perolehan skor total faktor internal sebesar 2,892 yang menunjukkan bahwa perusahaan dalam kondisi internal yang baik sehingga mampu memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan perusahaan pada faktor tidak memiliki situs website dan merek produk Sayuranch belum terdaftar di Kemenkumham. Hasil analisis matriks EFE dapat diidentifikasi tujuh peluang dan enam ancaman dengan skor total faktor eksternal sebesar 2,799 yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat merespon peluang dan ancaman yang dihadapi oleh pemasaran perusahaan. Hasil total skor pada matriks IFE dan EFE yang diposisikan dalam matriks IE pada sel V termasuk dalam kategori posisi ditahan dan dijaga (hold and maintain). Strategi yang digunakan yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Faktor internal dan eksternal kunci dicocokkan kedalam matriks SWOT menghasilkan empat alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Alternatif-alternatif strategi pemasaran tersebut antara lain membuat situs website perusahaan dan bergabung dengan market place yang ada untuk menarik pelanggan potensial, meningkatkan jumlah volume ketersediaan produk sayuran hidroponik, mengintensifkan kegiatan promosi penjualan dengan memanfaatkan teknologi informasi guna membangun branding perusahaan, dan meningkatkan kualitas kemasan produk menggunakan kemasan ramah lingkungan
x
yang dilengkapi dengan logo dan merek produk. Hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa strategi yang menjadi prioritas utama untuk diimplementasikan dalam pemasaran PT Pasa Agro Supply (Sayuranch) secara berurutan yaitu melakukan membuat situs website perusahaan dan bergabung dengan market place yang ada untuk menarik pelanggan potensial dengan nilai TAS sebesar 6,202, meningkatkan jumlah volume ketersediaan produk sayuran hidroponik dengan nilai TAS sebesar 5,945, mengintensifkan kegiatan promosi penjualan dengan memanfaatkan teknologi informasi guna membangun branding perusahaan dengan nilai TAS sebesar 5,912, dan meningkatkan kualitas kemasan produk menggunakan kemasan ramah lingkungan yang dilengkapi dengan logo dan merek produk dengan nilai TAS sebesar 5,883.
Kata Kunci: Sayuran Hidroponik, Strategi Pemasaran Online, SWOT, QSPM, PT Pasa Agro Supply (Sayuranch)


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 303 AGR 2023
AGR303
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
303 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 141 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog