No image available for this title

Text

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rendang Kemasan Yenda Foodies Petukangan Selatan



Perkembangan dunia bisnis saat ini para pelaku bisnis beroperasi dalam perekonomian global di era globalisasi saat ini persaingan terhadap bidang usaha semakin kompetitif, para pengusaha harus mempunyai strategi pertahanan untuk mempertahankan para konsumen dan pemilik usaha harus memperhatikan serta mempertimbangkan sebuah produk demi kepuasan konsumen. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang memiliki peran penting dalam perkembangan dan pemasaran perekonomian di Indonesia, Sejak pendemi Covid-19 per April 2020 salah satu pemulihan ekonomi nasional di Indonesia yang memiliki peran daya serap tenaga kerja ialah pada sektor UMKM. Pada situasi saat ini ada beberapa cara yang dapat dicapai oleh perusahaan untuk meningkatkan daya beli konsumen seperti memperhatikan kualitas produk, harga, promosi dan lokasi. Keputusan pembelian merupakan suatu proses penyelesaian masalah yang di dalamnya terdiri dari menganalisa produk, pencarian informasi, pengenalan keinginan dan kebutuhan, serta perilaku setelah pembelian suatu produk, Yenda Foodies merupakan salah satu UMKM dari 2.100 peran UMKM di Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, data primer diambil dari hasil pengisian kuesioner oleh pelanggan Yenda Foodies yang memenuhi sebagai kriteria responden, peneliti juga melakukan wawancara langsung kepada pemilik perusahaan untuk mengetahui profile perusahaan, sedangkan data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari teori, jurnal dan karya ilmiah terdahulu. Teknik pengambilan sampel dalam pemelitian ini adalah convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 66 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil pengukuran model variabel Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian memiliki nilai 0,411; t-statistics 3,726 yang menunjukan bahwa nilai t-hitung ≥1,967 terdapat pengaruh langsung variabel Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Pengukuran model variabel Harga dengan keputusan pembelian memiliki nilai 0,318; t-statistics 3,177 yang menunjukan bahwa nilai t-hitung ≥1,967 terdapat pengaruh langsung variabel Harga terhadap Keputusan Pembelian. Pengukuran model variabel Promosi dengan keputusan pembelian memiliki nilai 0,311; t-statistics 2,885 yang menunjukan bahwa nilai t-hitung ≥1,967 terdapat pengaruh langsung variabel Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Pengukuran model variabel Lokasi dengan Keputusan Pembelian memiliki nilai 0,411; t-statistics 0,556 yang menunjukan bahwa nilai t-hitung ≤1,967 terdapat pengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian, Structural Equation Modelling (SEM) PLS.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 307 AGR 2023
AGR307
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
307 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 86 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog