No image available for this title

Text

Analisis kualitas website menggunakan metode Webqual 4.0, Importance Performance Analysis dan GTmetrix (studi kasus: Ma'had Al-Jami’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Ma'had Al-Jami'ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menggunakan website sebagai sarana untuk memberikan informasi tentang asrama bagi mahasiswa/i. Pada website tersebut terdapat informasi profile Ma'had, lokasi Ma'had dan formulir pendaftaran asrama. informasi ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna baik dari segi manfaat maupun lainnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat masalah yang berkaitan dengan kualitas yaitu performa website memiliki kinerja yang lambat, dan informasi yang disajikan dalam website kurang up to date dan detail. Website Ma'had Al-Jami'ah perlu dilakukan evaluasi untuk mengukur dan meningkatkan kualitas layanan dengan menggunakan metode WebQual 4.0 dan Gtmetrix. Tujuan dari penelitian ini untuk
melakukan analisis terhadap website Ma'had Al-Jami'ah dengan menggunakan metode WebQual 4.0 berdasarkan persepsi pengguna akhir dan menguji performa website dengan menggunakan GTmetrix. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I lokal yang menempati di asrama tahun 2022-2023 dengan sampel sebanyak 125 responden. Hasil analisis data dengan menggunakan WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis terdapat dua atribut yang menjadi prioritas utama dalam melakukan perbaikan yaitu US8 website tidak memberikan pengalaman positif, SQ1 website tidak memiliki reputasi baik, kemudian terdapat tiga atribut yang menjadi prioritas rendah US6 desain tidak sesuai, US3 website tidak mudah bernavigasi. Sementara dengan metode GTmetrix mendapatkan hasil grade E yang berarti website masih belum menemukan hasil yang baik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Staff Administrasi website Ma'had Al-Jami'ah agar dapat meningkatkan kualitas dan performa website Ma'had Al-Jami'ah.
Kata Kunci: Kualitas Website, WebQual 4.0, Importance Performance Analysis, GTmetrix.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 434 SI 2023
434 SI 2023
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
434 SI 2023
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 125 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
434
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog