Image of Analisis kelayakan usaha jamur tiram di PT Halwafarm Sinergi Indonesia

Text

Analisis kelayakan usaha jamur tiram di PT Halwafarm Sinergi Indonesia



PT Halwafarm Sinergi Indonesia Merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di usaha jamur tiram. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan yaitu jamur tiram, bibit jamur tiram, baglog jamur tiram, sate jamur, nugget jamur dan pupuk organik. Perusahaan pada periode penelitian masih belum mampu memenuhi jumlah permintaan konsumen terutama jamur tiram. Produksi yang belum memenuhi permintaan konsumen dikarenakan PT Halwafarm Sinergi Indonesia merupakan perusahaan baru yang telah berbadan hukum pada tahun 2020. Perusahaan juga melakukan kesalahan perencanaan sehingga belum maksimalnya produksi yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam hal ini perusahaan membutuhkan dana tambahan untuk dapat memaksimalkan produksinya. Oleh karena itu penulis mencoba meneliti cash in dan cash out serta analisis kelayakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi arus kas bersih (net cash flow) di PT Halwafarm Sinergi Indonesia (2) menganalisis kelayakan usaha jamur tiram putih di PT Halwafarm Sinergi Indonesia berdasarkan aspek non finansial (3) menganalisis kelayakan usaha jamur tiram putih di PT Halwafarm Sinergi Indonesia berdasarkan aspek finansial. Pengolahan data meliputi data pengolahan dan interpretasi data secara deskriptif. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menghitung Net Cash Flow dan metode analisis kelayakan usaha yang meliputi BEP, NVP, Net B/C Ratio, IRR, PP dan ROI. Adapun data kualitatif digunakan untuk menganalisis kelayakan non finansial berupa aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen dan SDM, aspek sosial ekonomi dan aspek lingkungan yang disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Cash Flow usaha jamur tiram di PT Halwafarm Sinergi Indonesia sebesar Rp. 916.390.506 dimana nilai tersebut menyatakan bahwa PT Halwafarm Sinergi Indonesia pada tahu 2021 menguntungkan, hasil aspek finansial menyatakan bahwa PT Halwafarm Sinergi indonesia pada tahun 2021 dikatakan layak dan menguntungkan. Berdasarkan hasil analisis aspek non finansial menyatakan bahwa PT Halwafarm Sinergi Indonesia sudah memenuhi standar kelayakan
Kata Kunci : Jamur tiram, Kelayakan usaha, Finansial, Non finansial.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) AGR 332 2023
AGR332
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR332
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 146 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR332
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog