Image of Rancang bangun sistem informasi dokumen perjalanan dinas luar negeri berbasis web (Studi Kasus : Biro Hukum dan kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI)

Text

Rancang bangun sistem informasi dokumen perjalanan dinas luar negeri berbasis web (Studi Kasus : Biro Hukum dan kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI)



Dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 11 Tahun 2008 terdapat persyaratan yang harus di lengkapi untuk dapat melakukan perjalanan dinas luar negeri, sementara untuk menerima dan mengelola persyaratan atau dokumen yang diperlukan Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI masih menggunakan cara yang manual. Pegawai mendapati kesulitan terhadap pemohon dari luar kota maupun dalam kota saat memberikan dokumen pengajuan dikarenakan dokumen hanya bisa diberikan secara langsung, pemohon kesulitan dalam tracking proses pengajuan karena masih harus diinfokan ke masingmasing lembaga atau instansi melalui platform chatting, pegawai kesulitan melakukan rekapitulasi perjalanan dinas luar negeri karena masih harus diinput satu persatu ke dalam excel dari awal tahun hingga akhir tahun. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem yang mampu memproses pengajuan dokumen perjalanan dinas luar negeri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Sementara model pengembangan system adalah Object Oriented And Analysis Design (OOAD) dengan Unified Modelling Language sebagai tools perancangan system. Untuk pengujian system akan dilakukan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri Berbasis Web yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada proses pengajuan dokumen dinas perjalanan luar negeri di Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Agama RI.
Kata Kunci : Sistem Perjalanan Dinas Luar Negeri, Object Oriented And Analysis Design (OOAD), Unified Modelling Language.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) SI 464 2023
SI464
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SI464
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xix, 212 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI464
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog