Image of Pengaruh Bauran Pemasaran, Sosial Dan Budaya Melalui Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Abc Sambal, Eatsambal Dan Sambal Finna Di Wilayah Dki Jakarta

Text

Pengaruh Bauran Pemasaran, Sosial Dan Budaya Melalui Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Abc Sambal, Eatsambal Dan Sambal Finna Di Wilayah Dki Jakarta



Berkembangnya industri makanan dan minuman instan di Indonesia mengubah pola konsumsi masyarakat yang sering mengkonsumsi makanan instan di kehidupan sehari – hari. Salah satu kategori makanan instan yakni bumbu instan yakni sambal kemasan sebagai inovasi sambal asli dari Indonesia. Sambal kemasan banyak dikonsumsi pada masyarakat yang memiliki aktivitas padat. Berdasarkan Badan Pusat Statistik tahun 2022 wilayah yang mempunyai aktivitas padat yaitu DKI Jakarta sebagai wilayah metropolitan, pusat perekonomian, pemerintahan, banyak penduduk yang datang, tinggal dan bekerja di wilayah DKI Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh langsung bauran pemasaran (Produk, Harga, Tempat, Promosi), Budaya dan Sosial terhadap persepsi konsumen sambal kemasan di wilayah DKI Jakarta, (2) Menganalisis pengaruh langsung bauran pemasaran (Produk, Harga, Tempat, Promosi), Budaya dan Sosial terhadap keputusan pembelian sambal kemasan di wilayah DKI Jakarta, (3) Menganalisis pengaruh langsung Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian sambal kemasan di wilayah DKI Jakarta, (4) Menganalisis pengaruh tidak langsung Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Promosi), Budaya, dan Sosial terhadap Keputusan Pembelian melalui Persepsi Konsumen sambal kemasan di wilayah DKI Jakarta. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Penelitian dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer (kuesioner) dan data sekunder. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan Cluster Random Sampling 300 sampel. Pengumpulan kuesioner menggunakan Skala Likert 1-4. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel produk, harga, promosi, dan sosial memiliki pengaruh langsung terhadap variabel persepsi konsumen ABC Sambal, Eatsambel dan Sambal Finna (2) Variabel produk, tempat, dan sosial memiliki pengaruh langsung terhadap variabel keputusan pembelian ABC sambal dan Sambal Finna, Variabel Sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Eatsambel (3) Variabel persepsi konsumen memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian ABC Sambal, Eatsambel dan Sambal Finna (4) Variabel produk, harga, promosi dan sosial memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap variabel keputusan pembelian melalui variabel persepsi konsumen ABC sambal dan Sambal Finna. Variabel Produk, Promosi dan Sosial memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap variabel keputusan pembelian melalui variabel persepsi konsumen Eatsambel.
Kata Kunci ; Bauran Pemasaran, Sosial, Budaya, Persepsi, Keputusan, Pengaruh


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 457 2024
AGR457
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 457 2024
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 163 Hlm; 28 Cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
457
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog