Image of Analisis subsektor unggulan pertanian 
di kabupaten Polewali Mandar

Text

Analisis subsektor unggulan pertanian di kabupaten Polewali Mandar



Berdasarkan data BPS tahun 2016, Kabupaten Polewali Mandar merupakan wilayah yang memiliki potensi pertanian yang cukup besar yaitu memiliki potensi pertanian yang cukup besar yaitu memiliki luas lahan pertanian sebesar yaitu memiliki luas lahan pertanian sebesar 187.582 Ha. Nilai PDRB sektor pertanian di Kabupaten Polewali Mandar pada tahun 2016 adalah sebesar 2.927 Milyar rupiah, dan terus mengalami peningkatan menjadi 3.562 Milyar rupiah pada tahun 2020. Kabupaten Polewali Mandar Merupakan salah satu wilayah yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apa sajakah yang menjadi subsektor unggulan dan non unggulan di Kabupaten Polewali Mandar. (2) Mengetahui laju pertumbuhan dan daya saing subsektor pertanian di Kabupaten Polewali Mandar.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berdasarkan data PDRB ADHK kabupaten Polewali Mandar dan juga data PDRB ADHK Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan metode analisis Location Quention (LQ) dan juga metode analisis Shift Share (SS). Data yang digunakan adalah data PDRB selama 10 tahun terakhir yakni dari tahun 2013 hingga tahun 2022.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sektor pertanian di Kabupaten Polewali Mandar adalah sektor unggulan karena nilai LQ 1,065 (>) 1. Terdapat Terdapat dua dari enam subsektor pertanian yang menjadi subsektor unggulan di Kabupaten Polewali Mandar yaitu subsektor perkebunan (LQ = 1,20>1) dan tanaman pangan (LQ = 1,18>1). Sedangkan untuk sektor lainnya bersifat non Unggulan karena nilai LQ


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 471 2024
AGR471
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 471 2024
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
ivi, 91 hlm,; 24 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
471
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog