Image of Evaluasi user experience pada menu aktivitas perkuliahan ais mobile for students menggunakan heuristic evaluation, sus dan user experience questionnaire (Studi Kasus: AIS (Academic Information System) Mobile for Students UIN Jakarta)

Text

Evaluasi user experience pada menu aktivitas perkuliahan ais mobile for students menggunakan heuristic evaluation, sus dan user experience questionnaire (Studi Kasus: AIS (Academic Information System) Mobile for Students UIN Jakarta)



Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah memiliki Learning Management System yang disebut AIS Mobile. Ada beberapa pendapat dari pengguna aplikasi ini bahwa user interface dan tampilan dari aplikasi ini kurang friendly. Alhasil banyak desain dari aplikasi ini yang kurang mengikuti perkembangan dari desain aplikasi yang ada serta penulis pun mempunyai usulan terkait fitur fitur yang berguna bagi pengguna untuk ke depannya dan bagi pengembang aplikasi. Pengumpulan data dimulai dengan melakukan observasi, dilanjutkan dengan studi pustaka dan wawancara. Dalam tahap perancangan, metode User Centered Design (UCD) digunakan, terdiri dari empat langkah, yaitu analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Perbandingan hasil evaluasi antara awalnya menu aktivitas perkuliahan AIS Mobile for Students dengan hasil evaluasi menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata selisih peningkatan sebesar 1,12. Metode Heuristic Evaluation (HE) menunjukkan bahwa desain solusi memiliki 4 permasalahan yang termasuk dalam kategori prioritas rendah. Sedangkan pada metode SUS, skor rata-rata usability desain solusi adalah 80 dengan tingkat penerimaan yang masuk ke kategori acceptable. Kesimpulannya, desain solusi telah berhasil mengatasi masalah yang ada pada desain awal dengan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses informasi dengan lebih cepat dan akurat. Kata kunci: learning management system;usability;user interface;human centered design


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 300 TI 2024
300TI
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
300 TI 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 195 Hl; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
300
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog