Image of Analisis sentimen judul berita mengenai pemindahan ibu kota negara (IKN) pada portal berita detik.com menggunakan support vector machine (SVM)

Text

Analisis sentimen judul berita mengenai pemindahan ibu kota negara (IKN) pada portal berita detik.com menggunakan support vector machine (SVM)



Rencana pemindahan ibu kota negara yang diumumkan oleh berbagai media berita online memiliki banyak pro dan kontra. Penelitian merupakan analisis sentimen judul berita IKN dari portal berita detik.com menggunakan metode SVM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil sentimen judul berita dan kinerja model SVM pada dataset dari portal berita detik.com. Metode penelitian yang digunakan adalah SEMMA. Tahap sample berupa pengumpulan dataset judul berita IKN dari bulan September 2019-Juni 2023. Tahap explore berupa eksplorasi dataset hasil scrapping. Selanjutnya, tahap modify berupa pra pemrosesan data. Tahap model terdiri dari beberapa proses yaitu pelabelan dataset menggunakan leksikon VADER, penyeimbangan kelas dataset, dan pemodelan dengan algoritma SVM. Hasil pelabelan menunjukkan judul berita didominasi sentimen netral 49%, sentimen positif 34,7%, dan sentimen negatif 16,3%. Selanjutnya, tahap assess terdiri dari evaluasi model dan interpretasi hasil sentimen. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model SVM memiliki kinerja yang baik dengan nilai accuracy 94,62%, precision 91,47%, recall 91,45% dan f1-score 91,46%. Interpretasi hasil sentimen disimpulkan terdapat dua permasalahan utama yaitu biaya proyek IKN yang sangat besar dan potensi yang mengancam ruang lingkup masyarakat setempat. Oleh karena itu, untuk meredakan kekhawatiran masyarakat, beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah pemerintah dapat memastikan tidak akan semena-mena melakukan tukar tambah anggaran yang sudah dialokasikan untuk masing-masing kebutuhan, pemerintah harus selalu mempertimbangkan kehati-hatian dalam konsep pembangunan IKN, dan adanya perencanaan yang serius untuk menghindari dampak sosial. Ini disebabkan pemindahan ibu kota negara akan memakan waktu bertahun. Kata kunci: analisis sentimen;IKN;SEMMA;SVM


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 500 SI 2024
500SI
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
500 SI 2024
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 78 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog