Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Evaluasi usability aplikasi mobile pikobar menggunakan metode usability testing
PIKOBAR mewakili inisiatif e-Government yang dirancang oleh otoritas pemerintah. e-Government mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh entitas pemerintah untuk tujuan melaksanakan fungsi administratif dan memberikan layanan publik kepada masyarakat umum.Pikobar adalah aplikasi yang membantu Masyarakat dalam penanggulangan Covif-19 dan peneliti memberikan saran serta masukan untuk aplikasi Pikobar. Metode yang digunakan adalah metode usability testing, yaitu metode yang dapat mengukur ke efesiensian, efektifitas serta kepuasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur karakteristik usability menggunakan ISO 25022. effectiveness, efficiency, satisfaction untuk dapat mengukur dan mengetahui kepuasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Maka disusunlah rancangan wawancara kepada pengguna dan kuesioner satisfaction yang dibagikan untuk 6 orang dalam pendekatan kualitatif dan 25 orang yang akan menjadi sampel penelitian pada satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kebergunaan mengenai sistem pengoperasian pada aplikasi PIKOBAR. Pelaksanaan task scenario dan evaluasi penggunaan aplikasi PIKOBAR, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Hasil evaluasi usability aplikasi mobile PIKOBAR dengan menggunakan metode usability testing. didapatkan rata-rata nilai pengukuran aspek effectiveness untuk indikator task completed sebesar 0,11 indikator objectives achieved sebesar 0.19, indikator task with errors sebesar 0,81 dan indikator task error intensity mendapat nilai 0, kemudian aspek efficiency untuk indikator task time mendapat rata-rata waktu pengerjaan task selama 2 menit 46 detik, indikator time efficiency mendapatkan rata-rata nilai 0.05 dan indikator productive time ratio mendapatkan rata-rata nilai sebesar 0.21. Pengukuran usability untuk aspek satisfaction pada indikator satisfaction with features mendapatkan rata-rata nilai sebesar 2,90 yang berada pada rating level Opportunity, indikator perceived usefulness mendapatkan rata-rata nilai sebesar 2,82 yang berada pada rating level Opportunity dan terakhir untuk indikator perceived meaningfulness mendapatkan rata-rata nilai sebesar 2,84 yang berada pada rating level Opportunity. Kata kunci : effectiveness;efficiency;satisfaction;evaluasi
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
528 SI 2024
|
Penerbit | Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
x, 107 Hlm; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
528
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Qurrotul Aini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog