Image of Uji antagonis kapang endofit tanaman Serai wangi (cymbopogon winterianus) terhadap fusarium sp., colletotrichum sp., ganoderma sp., dan phytophthora sp.

Text

Uji antagonis kapang endofit tanaman Serai wangi (cymbopogon winterianus) terhadap fusarium sp., colletotrichum sp., ganoderma sp., dan phytophthora sp.



Serai wangi memiliki senyawa metabolit yang sangat kompleks, di antaranya yaitu sitronelal dan eugenol yang memiliki sifat sebagai antifungi. Kapang endofit pada tanaman serai wangi diduga memiliki potensi yang sama dengan tanaman inangnya, sehingga dapat menghambat pertumbuhan kapang patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat kapang endofit dari daun dan pelepah tanaman serai wangi yang paling menghambat pertumbuhan kapang patogen Fusarium sp., Colletotrichum sp., Ganoderma sp., dan Phytophthora sp. Penelitian dilakukan dengan mengisolasi kapang endofit asal tanaman serai wangi, melakukan uji antagonis kapang endofit terhadap patogen, dan mengidentifikasi kapang endofit yang paling menghambat patogen. Kapang yang berhasil diisolasi berjumlah 20 isolat; 11 isolat berasal dari pelepah dan 9 isolat berasal dari daun. Isolat kapang memiliki persentase daya hambat antara 15,15 - 82,22%. Hasil identifikasi molekuler menunjukkan bahwa kapang endofit Schizophyllum commune paling menghambat Fusarium sp. (62,85%) dan Ganoderma sp. (64,00%); kapang endofit Xylaria sp. paling menghambat Colletotrichum sp. (82,22%); dan kapang endofit Gaeumannomyces graminis paling menghambat Phytophthora sp. (78,18%). Kapang endofit asal tanaman serai wangi mampu menghambat pertumbuhan kapang-kapang patogen dengan spesies yang paling menghambat masing-masing patogen yaitu S. commune, Xylaria sp., dan G. graminis. Kapang-kapang ini diharapkan menjadi referensi untuk dijadikan bahan biofungisida dan diaplikasikan pada tanaman yang terserang patogen-patogen tersebut di lapangan. Kata kunci : antagonis;kapang endofit;kapang patogen;serai wangi


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 321 BIO 2024
321BIO
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
321 BIO 2024
Penerbit Prodi Biologi Sains Teknlogi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xii, 49 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
321
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog