Image of Persepsi siswa terhadap user satisfaction dan loyalty e-learning berbasis website di Dki Jakarta

Text

Persepsi siswa terhadap user satisfaction dan loyalty e-learning berbasis website di Dki Jakarta



Perkembangan teknologi informasi mempermudah kehidupan manusia, termasuk dengan adanya e-learning berbasis website. E-learning memungkinkan percepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada manusia. Pandemi Covid-19 meningkatkan penggunaan e-learning untuk pembelajaran online. Namun, pengguna masih menghadapi kendala dan terdapat kekurangan pada platform e-learning, seperti instruksi tugas yang kurang jelas dan terjadinya error. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kualitas layanan e-learning dengan mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pengguna (user satisfaction). Selain itu, loyalitas pengguna (user loyalty) juga berperan penting untuk keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap user satisfaction3 dan loyalty pada tiga platform e-learning terbesar di Indonesia. Model yang digunakan ialah EUCS yang ditambahkan dengan dimensi System Quality. Kriteria responden penelitian ini ialah siswa SMP dan SMA sederajat yang pernah menggunakan salah satu platform tersebut dan bersekolah di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian dengan 209 responden menunjukkan bahwa pengguna merasa sangat puas dengan platform e-learning berbasis website, dengan skor kepuasan sebesar 85,93. Tingkat loyalitas pengguna juga tinggi, dengan skor 84,69. Faktor-faktor seperti Content, Format, Ease of use, Timeliness, Instructor quality, Course Materials memiliki hubungan positif dengan kepuasan pengguna dengan Course Materials sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap user satisfaction. Namun, hipotesis tentang Accuracy, Administrative and support service quality, Security and privacy tidak terbukti berpengaruh secara signifikan. Penelitian ini diharapkan akan memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan pengguna e-learning berbasis website dan menjadi pertimbangan pihak terkait dalam mengembangkan kualitas dari e-learning sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas siswa. Kata kunci : user satisfaction;user loyalty;e-learning;EUCS


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 502 SI 2024
502SI
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
502 SI 2024
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
vi, 140 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
502
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog