Image of Perancangan UI/UX aplikasi manajemen sumber daya manusia berbasis Mobile dengan menggunakan metode design thinking (studi kasus: Habibi Garden)

Text

Perancangan UI/UX aplikasi manajemen sumber daya manusia berbasis Mobile dengan menggunakan metode design thinking (studi kasus: Habibi Garden)



Habibi Garden merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pertanian. Permasalahan yang dihadapi Habibi Garden saat ini adalah belum adanya aplikasi manajemen sumber daya manusia di dalamnya. COO dan Agronomist sering sekali mengalami kendala dalam kegiatan operasional. COO kesulitan mengetahui progress dari suatu project di lapangan, terkadang lupa absen saat bertugas di lapangan. Agronomist kesulitan merekap tugas tim, karena ada beberapa karyawan yang lupa mengumpulkan tugas, bingung dalam pengumpulan tugas karena berbagai tugas, laporan, dan project disatukan di Google Drive. Bukan hanya itu, karyawan di Habibi Garden juga harus mencari link pengajuan reimburse yang bercampur dengan link tugas dan link lainnya yang memungkinkan karyawan salah klik link. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan rancangan UI/UX aplikasi manajemen sumber daya manusia berbasis mobile di Habibi Garden yang dapat membantu karyawan melakukan kegiatan operasional. Metode yang digunakan adalah Design Thinking yang terdiri atas 5 tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan tampilan antarmuka memiliki performa baik. Parameter efektivitas didapatkan nilai 93,75% untuk user COO dan nilai 91,25% untuk user Agronomist. Pada parameter efisiensi didapatkan nilai 0,04 goals/sec untuk user COO dan nilai 0,06 goals/sec untuk user Agronomist. Sedangkan parameter kepuasan pengguna yang diukur dengan kuesioner SUS didapatkan nilai rata-rata 88 untuk user COO yang termasuk ke dalam kategori excellent dan berada pada grade B serta nilai ratarata 77 untuk user Agronomist yang termasuk ke dalam kategori good dan juga berada pada grade B.
Kata Kunci: Design thinking, mobile, sumber daya manusia, UI/UX.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 534 SI 2024
534 SI 2024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
534 SI 2024
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xx, 111 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
534
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog