Image of UI/UX aplikasi sistem Bus Rapid Transit (BRT) menggunakan metode user-centered design dan think aloud evaluation

Text

UI/UX aplikasi sistem Bus Rapid Transit (BRT) menggunakan metode user-centered design dan think aloud evaluation



Jakarta, ibukota Indonesia, menghadapi tantangan kepadatan penduduk dan pertumbuhan kendaraan. Pemerintah merespons dengan Transjakarta, sistem Bus Rapid Transit (BRT), tetapi aplikasi Tije mendapat kritik negatif. Penelitian ini menggunakan User-Centered Design (UCD) untuk meningkatkan UI/UX Tije, fokus pada empati terhadap pengguna. Metode UCD dengan evaluasi Think Aloud dan System Usability Scale (SUS) berhasil meningkatkan UX dan UI Tije. Prototipe mendapat respons positif, skor SUS meningkat dari 37,4 menjadi 82,2 yang berarti skor SUS mengalami 119,89% peningkatan. Hasilnya membuktikan efektivitas UCD dalam meningkatkan kualitas aplikasi transportasi massal dan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna Tije. Penelitian ini menghasilkan solusi desain berupa prototipe yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pengguna, membuktikan efektivitas metode UCD dalam meningkatkan kualitas aplikasi transportasi massal. Sehingga diharapkan pengembangan desain dapat diimplementasikan agar dapat digunakan oleh pengguna dan meningkatkan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi Tije.
Kata Kunci : User Interface, User Experience, User-Centered Design, Think-Aloud Evaluation, System Usability Scale, Bus Rapid Transit


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 357 TI 2024
TI357
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
357 TI 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvi, 193 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
357
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog