Image of Aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan metode waterfall (studi kasus: meningkatkan nilai Bahasa Arab)

Text

Aplikasi pembelajaran interaktif menggunakan metode waterfall (studi kasus: meningkatkan nilai Bahasa Arab)



Dunia pendidikan diera perkembangan teknologi yang sangat maju harus didukung oleh media pembelajaran yang dapat membatu proses pembelajaran baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Media pembelajaran sebagai media atau sebuah representasi dari pembelajaran dengan media elektronik yang dapat membantu pendidikan anak disaat masa perkembangan. Masa perkembangan dan pertumbuhan yang paling penting adalah 0 - 8 tahun dikarenakan termasuk periode the golden age. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, mencakup berbagai macam aspek, termasuk dalam konteks pendidikan. Namun pembelajaran bahasa arab masih memiliki minat yang kurang diantaranya, kurangnya motivasi belajar dan kurangnya pemanfaatan sarana prasarana belajar oleh pengajar. Anak-anak hidup dalam dunia bermain, karena itulah dibutuhkannya media pembelajaran yang interaktif dan juga menarik guna menjadi salah satu komponen dalam proses pembelajaran yang ada di sekolah. Sebab dengan memanfaatkan multimedia interaktif diharapkan peserta didik dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan. Dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa, penulis memutuskan untuk menerapkan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa arab. Dalam perancangan aplikasi pembelajaran penulis menggunakan metode SDLC Waterfall untuk pengembangan aplikasi untuk mempermudah pengerjaan dalam pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa arab. Black box test digunakan untuk menguji hasil pengembangan aplikasi agar sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi. Untuk melihat hasil nilai siswa dan kelayakan aplikasi ini penulis menggunakan metode pretest, post-test dan System Usability Scale (SUS) , dengan hasil kenaikan rata rata siswa yang mengalami kenaikan 20 nilai signifikansi 2 tailed 0,00 < 0,05 dan hasil kelayakan dengan skor 78 maka aplikasi masuk dalam kategori acceptable (dapat diterima) oleh pengguna.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa, Media Pembelajaran Interaktif, SDLC Waterfall, Black Box Test, Pretest Post-test,System Usability Scale (SUS)


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 359 TI 2024
TI359
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
359 TI 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 97 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
359
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog