Image of Penerapan Gamifikasi Pada Prototipe Aplikasi pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa SD menggunakan User Centered Design (UCD)
(studi kasus : SDIT An-Nahl Pamulang)

Text

Penerapan Gamifikasi Pada Prototipe Aplikasi pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa SD menggunakan User Centered Design (UCD) (studi kasus : SDIT An-Nahl Pamulang)



Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, mencakup berbagai aspek seperti sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan, termasuk dalam konteks pendidikan. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Arab masih belum banyak diimplementasikan di sekolah-sekolah. Salah satu sekolah yang memberikan pembelajaran bahasa Arab adalah SDIT An-Nahl Pamulang. Namun, metode pembelajaran di SDIT An-Nahl Pamulang masih bersifat konvensional, yang dapat membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Dalam mengatasi tantangan tersebut, penerapan gamifikasi menjadi salah satu pendekatan yang efektif. Gamifikasi melibatkan penggunaan elemen-elemen dan teknik desain game dalam konteks non-game. Dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa, penulis memutuskan untuk menerapkan gamifikasi pada prototipe aplikasi pembelajaran bahasa Arab. Dalam perancangan prototipe aplikasi pembelajaran, desain antarmuka pengguna (User Interface) menjadi aspek penting agar menarik perhatian pengguna. Penulis menggunakan metode User Centered Design (UCD) dalam merancang desain antarmuka pengguna aplikasi pembelajaran bahasa Arab. UCD merupakan pendekatan perancangan sistem interaktif yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Untuk mengevaluasi tingkat kemanfaatan (usability) dari prototipe dan aplikasi, penulis menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Kuisioner SUS didistribusikan kepada siswa dan guru SDIT An-Nahl. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa prototipe dan aplikasi mendapatkan skor 78, yang masuk ke dalam kategori acceptable (dapat diterima) oleh pengguna.
Kata kunci : Bahasa Arab, Siswa SD, Gamifikasi, User Interface (UI), User Centered Design (UCD), System Usability Scale (SUS).


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 364 TI 2024
TI364
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
364 TI 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 109 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
364
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog