Image of Preferensi konsumen terhadap tanaman hias aglaonema di Jakarta

Text

Preferensi konsumen terhadap tanaman hias aglaonema di Jakarta



Di Jakarta banyak penjual tanaman hias aglaonema dan tampilan tanaman hias aglaonema yang bervariasi akan mempengaruhi selera konsumen.Minat masyarakat yang cenderung meningkat membuat permintaan masyarakat akan tanaman hias aglaonema pun terus meningkat, preferensi konsumen dalam pembelian tanaman hias aglaonema dilihat dari berbagai atribut yang melekat pada tanaman hias aglaonema. Sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi ciri – ciri tanaman hias aglaonema dalam preferensi konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen tanaman hias aglaonema di DKI Jakarta. (2) Untuk menganalisis tingkat kepentingan (importance value) atribut tanaman hias aglaonema di DKI Jakarta. (3) Untuk menganalisis utilitas konsumen tanaman hias aglaonema di DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis conjoin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik pada konsumen tanaman hias aglaonema di Jakarta. Karakteristik konsumen tanaman hias aglaonema didominasi oleh konsumen perempuan dengan rentang usia 40 s/d 40 tahun keatas yang berdomisili di Jakarta. Konsumen dalam penelitian ini adalah lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan pendapatan rata-rata yang diterima antara 2.000.000 – 4.000.000 perbulan. Konsumen yang pernah melakukan pembelian tanaman hias aglaonema sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta atau karyawan. berdasarkan nilai (importance values) atribut keterlusuran (Traceability) mendapatkan nilai (importance values) tertinggi sebesar 15.453. Preferensi konsumen dalam pembelian tanaman hias aglaonema yaitu keterlusuran (Traceability), kemudahan (Easy to Prepare), ketersediaan, harga, aroma, pengemasan (Packaging), ukuran daun, nilai (Grade), warna daun, bentuk daun dan pemeliharaan. Hasil dari pengolahan level atribut Keterlusuran (traceability), sesuai tahapan produksi merupakan level atribut tertinggi yang memiliki (utility estimate) sebesar 370. Sedangkan level atribut tidak sesuai dengan tahapan produksi memiliki nilai (utility estimate) sebesar -370. Nilai ulities yang terendah adalah atribut bentuk daun yang dimana (importance value) atribut ketersediaan adalah sebesar 6.629. Bentuk daun memiliki dua level yang dimana level tertinggi adalah Bulat dengan nilai ( utility estimate) sebesar 098. Level terendah dalam atribut bentuk daun adalah segitiga dengan nilai (utility estimate) sebesar -098.
Kata kunci: Preferensi Konsumen, Analisis Conjoin, Karakteristik Konsumen, Nilai Kepentingan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 487 AGR 2024
AGR487
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
487 AGR 2024
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
vii, 96 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
487
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog