Image of Pengembangan aplikasi game edukasi Kosakata Bahasa Arab menggunakan metode Goal Directed Design (GDD) (studi kasus: Siswa Sekolah Dasar)

Text

Pengembangan aplikasi game edukasi Kosakata Bahasa Arab menggunakan metode Goal Directed Design (GDD) (studi kasus: Siswa Sekolah Dasar)



Permasalahan yang dihadapi SDIT An-Nahl Pamulang adalah kurang tertariknya siswa dan mudah terdistraksinya siswa dalam pembelajaran bahasa arab, dikarenakan pengajaran secara langsung. Solusi yang penulis usulkan adalah pengembangan E-learning berbentuk game edukasi dimana outputnya adalah membantu pembelajaran anak-anak menjadi lebih menarik. Pada penelitian ini, digunakan metode Goal-Directed Design (GDD) untuk desain antarmuka dan pengalaman pengguna (User Experience) yang diimplementasikan pada SDLC model Waterfall. GDD merupakan metode perancangan yang berfokus pada goals atau tujuan dari pengguna. Setelah rancangan dibuat, rancangan diimplementasikan menggunakan Javascript dengan framework React. Setelah rancangan diimplementasikan, dilakukan pengujian menggunakan 4 metode yaitu Black Box Testing, User Testing, System Usability Testing (SUS), dan User Experience Questionnaire (UEQ). Black Box Testing menghasilkan kesimpulan bahwa semua fungsionalitas aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan. Hasil dari SUS juga mengindikasikan bahwa aplikasi sudah bisa digunakan dengan skor akhir yaitu 78 yang termasuk dalam kategori acceptable (dapat diterima). Hasil dari UEQ juga menunjukan peningkatan terutama pada skala Konvensional/Berdaya Cipta dan Lazim/Terdepan.
Kata Kunci : Game Edukasi, Bahasa Arab, User Experience, Goal Directed Design, System Usability Scale, User Experience Questionnaire, Waterfall


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 365 TI 2024
TI365
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
365 TI 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvi, 123 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
365
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog