Image of Pengaruh review positif, review negatif dan rating terhadap penjualan produk pangan halal di bukalapak

Text

Pengaruh review positif, review negatif dan rating terhadap penjualan produk pangan halal di bukalapak



Masyarakat mulai beralih dari kebiasaan berbelanja dengan transaksi langsung menjadi belanja online. Trend belanja online mulai diminati karena proses pengambilan keputusan tidak serumit keputusan belanja langsung. Indonesia merupakan pasar konsumen yang sangat potensial untuk berbagai macam produk. Dengan banyaknya penduduk muslim di Indonesia tentunya harus ada beberapa syarat yang harus ditaati oleh para produsen produk sebelum memasarkan produknya ke Indonesia. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kehalalan produk, khususnya bagi produk pangan. Salah satu marketplace lokal yang memiliki pengelompokkan produk pangan halal adalah Bukalapak. Namun dibalik berkembangnya pengguna belanja online di Indonesia, masih terdapat beberapa kondisi yang menjadi permasalahan pelanggan yang lebih memilih melakukan transaksi secara langsung. Perbedaan yang paling terlihat antara berbelanja online dan secara langsung terletak pada kemampuan konsumen dalam menilai barang yang akan dibeli. Fitur ulasan seperti Online Custormer Review dan Online Customer Rating adalah fitur yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada toko online.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui terdapat atau tidak terdapat pengaruh Review positif, Review negatif, dan Rating terhadap penjualan produk pangan halal di Bukalapak secara simultan, (2) terdapat atau tidak terdapat pengaruh Review positif, Review negatif, dan Rating terhadap penjualan produk pangan halal di Bukalapak secara parsial. Waktu penelitian bulan September 2022 sampai dengan bulan Maret 2023. Penelitian ini masuk kedalam penelitian kuantitatif. Sumber data menggunakan data primer yang diperoleh dari pengamatan dengan melihat jumlah review, rating, dan penjualan di Bukalapak dan data sekunder diperoleh dari literatur.
Analisis/pengolahan data yang digunakan melalui tiga tahap yakni (1) Tabulasi Data, (2) Cleansing Data dan (3) Analisis Regresi Data Panel. Ketiga tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan variabel yang sesuai dengan penelitian ini yaitu (1) Metode penentuan model, (2) Uji asumsi klasik, (3) Uji Simultan (Uji-F) dan (4) Uji Parsial (Uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disimpulkan bahwa variabel review positif, review negatif, dan rating memiliki pengaruh secara simultan terhadap penjualan produk pangan halal di Bukalapak. (2) berdasarkan hasil pengujian parsial (Uji t) didapatkan hasil pada variabel review positif dan rating memiliki pengaruh (signifikan) secara positif terhadap penjualan produk pangan halal di Bukalapak, sementara variabel review negatif secara parsial tidak berpengaruh terhadap penjualan produk pangan halal di Bukalapak.
Kata Kunci : Pangan Halal, Review Positif, Review Negatif, Rating, Bukalapak, Regresi Data Panel


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 491 AGR 2024
AGR491
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
491 AGR 2024
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 79 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
491
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog