Image of Strategi pengembangan usaha agroindustri minyak atsiri serai wangi (cymbopogon nardus. L) pada pt. Pemalang agro wangi di Bogor Jawa Barat

Text

Strategi pengembangan usaha agroindustri minyak atsiri serai wangi (cymbopogon nardus. L) pada pt. Pemalang agro wangi di Bogor Jawa Barat



Tanaman serai wangi merupakan komoditi dari sektor perkebunan yang memiliki produk turunan utama yaitu minyak atsri. Di Indonesia terdapat peningkatan permintaan minyak atsiri serai wangi dengan pertumbuhan ekspor mencapai 9-10%/tahun. PT Pemalang Agro Wangi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minyak atsiri serai wangi. Dalam menjalankan bisnisnya PT Pemalang Agro Wangi mendapatkan beberapa tantangan seperti kualitas bahan baku yang fluktuatif, fakto cuaca, persaingan produk subtitusi. Oleh karena itu perlu adanya alternatif strategi untuk menghadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal sebagai pada usaha agroindustri minyak atsiri serai wangi pada PT Pemalang Agro Wangi; (2) Mengetahui posisi PT Pemalang Agro Wangi pada diagram analisis SWOT; (3) Merumuskan alternatif strategi dalam pengembangan usaha agroindustri minyak atsiri serai wangi pada PT Pemalang Agro Wangi; (4) menentukan prioritas strategi dalam pengembangan usaha agroindustri minyak atsiri serai wangi pada PT Pemalang Agro Wangi. Metode analisis data yang digunakan adalah identifikasi faktor internal dan eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan QSPM. Serta dibantu dengan pengolahan data menggunakan software excel 2018. Hasil matriks IFE dan EFE menunjukkan total skor dari masing-masing 2,749 dan 3,294. Berdasarkan hasil tersebut PT. Pemalang Agro Wangi berada pada sel II yaitu tumbuh dan dikembangkan. Strategi yang cocok diterapkan adalah strategi intensif meliputi strategi penetrasi pasar (pengembangan pasar, pengembangan produk) dan strategi integrasi (integrasi ke depan, integrasi horizontal, integrasi ke belakang). Hasil matriks QSP berdasarkan prioritas strategi dengan skor TAS tertinggi adalah memperkuat branding dan keunggulan produk untuk membedakan diri dari pesaing di pasar yang kompetitif (6.312), berinvestasi dalam riset dan pengembangan untuk menghasilkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang (6.262), melakukan inovasi produk untuk memenuhi permintaan pasar dan menjaga kestabilan harga (6.165), ekspansi ke pasar baru yang menunjukkan minat tinggi terhadap produk alami dan ramah lingkungan (5.619), meningkatkan penggunaan sosial media sebagai sarana promosi dan edukasi produk dari minyak atsiri serai wangi (5.512).
KATA KUNCI: Strategi;Strategi Pengembangan;IFE;QSPM


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR514
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
vi,78 Hlm;28 Cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog