Image of STRATEGI BISNIS SAYURAN HIDROPONIK PADA CV HIDROPONIKITA TANI MANDIRI, SAWANGAN, KOTA DEPOK

Text

STRATEGI BISNIS SAYURAN HIDROPONIK PADA CV HIDROPONIKITA TANI MANDIRI, SAWANGAN, KOTA DEPOK



CV. Hidroponikita Tani Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budidaya sayuran hidroponik sejak tahun 2017. Permasalahan yang dihadapi oleh CV. Hidroponikita Tani Mandiri yaitu jumlah produksi sayurannya yang belum mampu memenuhi permintaan konsumen, karena adanya sistem pembayaran kredit oleh konsumen yang melebihi jangka waktu yang disepakati sehingga menyebabkan aliran kas perusahaan lambat, serta belum memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dan mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada Hidroponikita. (2) Mengetahui posisi strategis Hidroponikita saat ini berdasarkan hasil dari matriks IE. (3) Merumuskan alternatif strategi untuk Hidroponikita berdasarkan hasil analisis SWOT. (4) Menentukan prioritas strategi yang tepat untuk diterapkan oleh Hidroponikita berdasarkan hasil Analisis QSPM. Penelitian ini mencakup formulasi strategi bisnis sayuran hidroponik CV Hidroponikita Tani Mandiri yang ditinjau dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Lingkungan internal mencakup, manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi, produksi dan operasi, riset dan pengembangan, dan SIM (sistem informasi manajemen). Sedangkan lingkungan eksternal mencakup lingkungan makro (demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya) dan lingkungan mikro (pemasok, perantara pemasaran, pesaing, publik, dan pelanggan,). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, kuesioner, dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan sumber literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dari hasil analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Hasil analisis Matriks IFE menghasilkan 10 faktor internal yang terdiri dari 5 faktor kekuatan dan 5 faktor kelemahan dengan total skor tertimbang sebesar 2.621. Hasil analisis Matriks EFE menghasilkan 10 faktor eksternal yang terdiri dari 5 faktor peluang dan 5 faktor ancaman dengan total skor tertimbang sebesar 2.787. Sehingga hasil analisis dala Matriks IE menunjukkan perusahaan CV Hidroponikita Tani Mandiri berada pada posisi sel V (menjaga dan mempertahankan) dengan strategi yang sesuai yaitu strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar. Berdasarkan hasil analisis Matriks SWOT, didapatkan 4 alternatif strategi yaitu, Strategi S-O menambah jenis sayuran yang memiliki potensi untuk memenuhi permintaan konsumen, Strategi W-O memanfaatkan market place atau e-commerce untuk menjangkau pasar di Jabodetabek lebih optimal serta menarik pelanggan potensial, Strategi S-T penerapan smart greenhouse untuk memaksimalkan kualitas dan produktivitas sayuran, dan Strategi W-T melakukan upaya promosi melalui media sosial untuk membangun branding perusahaan. Analisis Matriks QSPM menghasilkan prioritas strategi untuk diimplementasikan oleh perusahaan adalah penerapan smart greenhouse untuk memaksimalkan kualitas dan produktivitas sayuran dengan nilai STAS 5,246. Kata
Kata kunci : Strategi Bisnis;Sayuran Hidroponik;SWOT,;QSPM


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR504
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
iv, 99 Hlm; 28 Cm,
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog