Image of Pengaruh ensemble feature selection pada prediksi data time series menggunakan gated recurrent unit (gru) dan bidirectional long short-term memory (bi-lstm)

Text

Pengaruh ensemble feature selection pada prediksi data time series menggunakan gated recurrent unit (gru) dan bidirectional long short-term memory (bi-lstm)



Prediksi data Multivariate Time Series (MTS) merupakan tantangan signifikan dalam bidang ilmu data karena dimensionalitas data yang tinggi. Dimensionalitas yang tinggi seringkali mempengaruhi akurasi dan efisiensi model prediksi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh pengurangan dimensionalitas data Multivariate Time series (MTS) pada Gated Recurrent Unit (GRU) dan Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM). Metode Ensemble Feature Selection digunakan untuk mengurangi dimensionalitas, dengan memanfaatkan empat algoritma yaitu Random Forest Regressor, LASSO Regressor, Linear Regression, dan Beta Coefficients. Penelitian ini membandingkan performa antara GRU dan Bi-LSTM sebelum dan setelah pengurangan dimensionalitas. Tahapan penelitian mencakup studi literatur, pengumpulan dataset, preprocessing data, pelatihan model, dan evaluasi performa menggunakan metrik RMSE, MAE, R2, dan waktu eksekusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurangan dimensionalitas data melalui Ensemble Feature Selection meningkatkan performa prediksi pada kedua model. GRU menunjukkan perubahan performa yang lebih signifikan dan peningkatan waktu eksekusi yang lebih baik dibandingkan dengan Bi-LSTM.
KATA KUNCI : Bidirectional Long Short-Term Memory;Ensemble Feature Selection;Gated Recurrent Unit;Multivariate Time Series


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
SI569
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xix, 109 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog