Image of Pengaruh motivasi dan persepsi terhadap keputusan pembelian makanan secara online grabfood di Jakarta

Text

Pengaruh motivasi dan persepsi terhadap keputusan pembelian makanan secara online grabfood di Jakarta



Pesatnya pertumbuhan pengguna internet membuat industri di bidang kuliner melakukan inovasi dengan menambahkan layanan penjualan makanan secara online. Layanan tersebut sering dikenal dengan sebutan online food delivery. Grab merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan online food delivery, dengan salah satu fiturnya yaitu GrabFood. DKI Jakarta merupakan wilayah yang mempunyai aktivitas padat. Sebagai wilayah metropolitan, pusat perekonomian, pemerintahan, banyak penduduk yang datang, tinggal dan bekerja di wilayah DKI Jakarta. GrabFood dapat memudahkan masyarakat Jakarta dalam memesan makanan, karena dianggap lebih mudah dan tidak memakan waktu dijalan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh langsung motivasi dan persepsi terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui aplikasi GrabFood, (2) Menganalisis pengaruh langsung motivasi dan persepsi terhadap sikap konsumen GrabFood, (3) Menganalisis pengaruh langsung sikap konsumen terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui aplikasi GrabFood, dan (4) Menganalisis pengaruh tidak langsung motivasi dan persepsi terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui aplikasi GrabFood dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan melalui riset deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi konsumen secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui GrabFood pada Masyarakat di DKI Jakarta, namun persepsi konsumen secara langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) Motivasi konsumen secara langsung berpengaruh terhadap sikap konsumen GrabFood di DKI Jakarta, namun persepsi konsumen secara langsung tidak berpengaruh terhadap sikap konsumen, (3) Sikap konsumen secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui GrabFood pada Masyarakat di DKI Jakarta, (4) Motivasi konsumen secara tidak langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui GrabFood pada Masyarakat di DKI Jakarta dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Namun, persepsi konsumen secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui GrabFood pada Masyarakat di DKI Jakarta dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening.
KATA KUNCI : motivasi;sikap konsumen;persepsi;keputusan pembeli


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR490
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
iv,121 Hlm:28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog