Image of Efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi agrowisata sapi Perah cibugary Jakarta Timur

Text

Efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi agrowisata sapi Perah cibugary Jakarta Timur



Potensi perkembangan agrowisata sangat menjanjikan dilihat dari minat berkunjung masyarakat yang tinggi pada wisata Alam, sehingga Unit usaha Agrowisata sapi perah dibentuk oleh Cibubur Garden Dairy (Cibugary). Agrowisata yang dikembangkan memiliki peluang besar, namun menghadapi kendala yaitu tingkat kunjungan rendah pasca-pandemi. Strategi promosi telah dilakukan salah satunya yaitu promosi melalui media sosial Instagram. Promosi Instagram dipengaruhi 2 faktor yaitu karakteristik responden, serta karakteristik pesan. Kegiatan promosi melalui media sosial Instagram perlu dievaluasi melalui analisis tingkat efektivitas berdasarkan model perilaku konsumen (model customer path 5A). Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan karakteristik responden pada Agrowisata Sapi Perah Cibugary, (2) Mendeskripsikan karakteristik pesan Instagram Agrowisata Sapi Perah Cibugary,(3) Menganalisis tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi, (4) Menguraikan hubungan karakteristik responden terhadap efektivitas Instagram sebagai media promosi, serta (5) Menguraikan hubungan karakteristik pesan Instagram terhadap tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi. Jenis data penelitian data primer dan sekunder, diperoleh melalui kuesioner, wawancara, serta studi literatur, penentuan sampel penelitian secara accidental sampling dengan total 100 responden. Metode analisis data yaitu: (1) analisis statistik deskriptif, serta (2) analisis korelasi melalui uji korelasi rank spearman dan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik pesan secara umum sudah baik diterapkan, dan tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi termasuk kategori sedang-tinggi pada tahap aware, appeal, ask, act, dan advocate (menyarankan). Hubungan faktor-faktor juga diperoleh bahwa karakteristik responden pada indikator jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi, dan indikator jenis pekerjaan memiliki hubungan signifikan terhadap tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi pada tahap advocate (menyarankan). Sedangkan pada faktor karakteristik pesan pada seluruh indikator kelengkapan informasi, kejelasan informasi, daya tarik visual, serta frekuensi pesan promosi memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat efektivitas Instagram sebagai media promosi dengan arah korelasi positif.
KATA KUNCI : Efektivitas Promosi;Karakteristik Responden;Karakteristik Pesan Promosi;Agrowisata


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR530
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv,108 Hlm;28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog