Image of Rancang ulang ui/ux pada aplikasi taxsee driver menggunakan user centered design (ucd)

Text

Rancang ulang ui/ux pada aplikasi taxsee driver menggunakan user centered design (ucd)



User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan dua elemen penting yang harus diperhatikan dalam merancang produk digital agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. Penyelesaian masalah usability merupakan tugas yang unik karena mengharuskan desain khusus untuk memperhatikan aspek-aspek tertentu dalam usability, seperti efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam konteks kegunaan perangkat lunak. Maxim merupakan transportasi online yang saat ini memiliki perkembangan jumlah driver yang relatif pesat dan saat ini sedang dikembangkan aplikasi Taxsee Driver (untuk pengemudi) sebagai aplikasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait transportasi ojek online berbasis digital yang memudahkan para pengemudi bertemu dengan pelanggan. Namun, dalam proses pengembangan aplikasi tersebut, masih terdapat berbagai keluhan yang dirasakan pengguna dari aplikasi tersebut. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi aspek UI, UX dan usability dari aplikasi Taxsee Driver transportasi ojek online Maxim tersebut. Penelitian ini merancang desain baru untuk UI dan UX dengan tujuan mengukur tingkat kegunaan aplikasi yang diusulkan, membandingkan dengan aplikasi yang sudah ada, menggunakan rumus ISO 25022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah User Centered Design (UCD) sebagai metode desain aplikasi. Evaluasi usability dilakukan melalui pendekatan cognitive walkthrough untuk pengujian usability, rumus ISO 25022 sebagai standarisasi pengukuran kualitas perangkat lunak, Single Ease Question (SEQ) untuk menguji tingkat kemudahan dan kenyamanan pengguna. Penerapan rumus ISO 25022 untuk evaluasi menghasilkan pengukuran statistik terkait tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Penelitian ini menghasilkan saran perbaikan untuk UI dan UX aplikasi Taxsee Driver, yang dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kualitas aplikasi tersebut. Rekomendasi perbaikan ini berdasarkan pengujian usability yang menunjukkan peningkatan pada semua indikator performance measurement. Sebagai tambahan hasil dari penelitian ini, berhasil dikembangkan prototipe perbaikan aplikasi Taxsee Driver yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
KATA KUNCI: Cognitive walkthrough;mobile transportation online;user centered design;usability


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
SI5582024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xix, 339 Hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog