Image of Pengaruh label halal dan ulasan konsumen online terhadap keputusan pembelian produk kimchi kemasan impor asal Korea Selatan di marketplace (Kota administrasi Jakarta Selatan)

Text

Pengaruh label halal dan ulasan konsumen online terhadap keputusan pembelian produk kimchi kemasan impor asal Korea Selatan di marketplace (Kota administrasi Jakarta Selatan)



Mudahnya akses masuknya produk luar negeri ke Indonesia menyebabkan perubahan pola perilaku konsumen dalam berbelanja menjadi berbelanja online melalui marketplace. Kemudahan akses informasi dan transaksi online memungkinkan konsumen membeli produk dari berbagai negara salah satunya adalah Korea Selatan. Beberapa tahun terakhir penyebaran budaya Korea meningkat pesat. Fenomena ini disebut Korean Wave. Budaya yang banyak diminati yaitu musik, kosmetik, drama sampai makanan. Makanan Korea merupakan produk yang banyak diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah kimchi. Mengingat banyaknya umat muslim di indonesia tidak terkecuali di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan dan sebagai konsumen muslim, label halal dan ulasan konsumen online menjadi faktor yang penting dalam memutuskan pembelian produk kimchi impor asal Korea Selatan di marketplace. Konsumen cenderung mempercayai produk kimchi yang memiliki label halal dan ulasan positif dari konsumen lain dalam membuat keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis pengaruh signifikan secara parsial label halal terhadap keputusan pembelian produk produk kimchi kemasan impor asal Korea Selatan di marketplace, (2) Menganalisis pengaruh signifikan secara parsial ulasan konsumen online terhadap keputusan pembelian produk kimchi kemasan impor asal Korea Selatan di marketplace, (3) Menganalisis pengaruh signifikan secara simultan label halal dan ulasan konsumen online terhadap keputusan pembelian produk kimchi kemasan impor asal Korea Selatan di marketplace. Penelitian ini dilakukan di kota administrasi Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penentuan jumlah sampel di tentukan menggunakan teknik cochran. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 29.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal dan ulasan konsumen online berpengaruh signifikan secara parsial dan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Adanya label halal dapat menjamin kehalaln, meningkatkan kepercayaan akan kualitas produk, serta adanya ulasan konsumen online mampu meningkatkan kepercayaan dalam memberikan informasi dan gambaran mengenai produk kimchi kemasan asal Korea Selatan di marketplace.
Kata Kunci : xiii, 91 Hlm; 28 Cm.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR5112024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 91 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog