Image of Analisis faktor-faktor kepuasan pengguna e-wallet menggunakan end user computing satisfaction (eucs) Dan importance performance analysis (ipa)

Text

Analisis faktor-faktor kepuasan pengguna e-wallet menggunakan end user computing satisfaction (eucs) Dan importance performance analysis (ipa)



Perkembangan teknologi telah memungkinkan sistem pembayaran untuk terus berkembang, dan pada tahun 2023, e-wallet menjadi metode pembayaran paling banyak digunakan di Indonesia. DANA, sebagai salah satu e-wallet di Indonesia, menghadapi tantangan dalam mencapai targetnya menjadi e-wallet nomor satu di Indonesia. Meskipun DANA menargetkan untuk menjadi nomor 1 pada tahun 2019, hingga tahun tersebut, DANA hanya mampu menjadi nomor tiga dan masih berada di bawah GoPay hingga tahun 2023. Dengan semakin ketatnya persaingan e-wallet di Indonesia, dan masih ditemukan keluhan pengguna DANA pada ulasan aplikasi DANA, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi DANA sebagai referensi untuk pengembangan aplikasi, agar sesuai dengan persepsi pengguna dan membantu DANA mencapai targetnya. Metode penelitian yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengguna DANA, dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Analisis dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 4.1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna adalah kemudahan penggunaan (ease of use), ketepatan waktu (timeliness), dan keakuratan (accuracy). Sebaliknya, variabel content dan format tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan Importance Performance Analysis, ditemukan bahwa aplikasi DANA memiliki tiga aspek yang harus diprioritaskan untuk peningkatan kinerja, yaitu kemudahan interaksi, tombol aplikasi yang berfungsi sesuai, dan respon aplikasi yang cepat. Temuan ini sebagai referensi strategis bagi DANA untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan mencapai target sebagai e-wallet nomor satu di Indonesia.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna;E-Wallet;DANA;EUCS


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
SI5592024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 143 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog