Image of Analisis kepuasan pengguna pada layanan musik streaming aplikasi youtube music mobile menggunakan model end user computing satisfaction (eucs)

Text

Analisis kepuasan pengguna pada layanan musik streaming aplikasi youtube music mobile menggunakan model end user computing satisfaction (eucs)



Meningkatnya jumlah pengguna layanan musik streaming di Indonesia serta perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan aplikasi penyedia layanan musik streaming di Indonesia saling bersaing dalam memberikan layanan yang terbaik kepada para penggunanya, salah satunya adalah aplikasi streaming music YouTube Music. Namun pada kenyataannya, aplikasi ini masih ada kelemahan yang dirasakan oleh pengguna, diantaranya kecepatan aplikasi yang masih berjalan lambat, lirik musik yang ditampilkan tidak sesuai bahkan tidak muncul serta adanya force close, sehingga kepuasan pengguna terhadap aplikasi masih belum maksimal dan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna serta variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi mobile YouTube Music. Model yang digunakan yaitu End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan variabel content, accuracy, ease of use, format dan timeliness dengan penambahan variabel system speed. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan analisis data dengan menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan tools Smart PLS versi 3.2.9. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari total 6 hipotesis yang diuji, terdapat 2 hipotesis yang ditolak, yaitu H1 (Content) dan H4 (Format) dimana hasil hipotesis tersebut tidak mempengaruhi end user satisfaction. Penelitian ini dapat memberikan pertimbangan bagi pengembang aplikasi YouTube Music dalam rencana pengembangan aplikasi agar dapat lebih baik.
Kata Kunci : Aplikasi mobile;end user computing satisfaction;smart PLS-PLS SEM;kepuasan pengguna


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
SI548
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxi,129 Hlm;28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog