Image of Analisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian tanaman hias di sentra flona semanan Jakarta Barat

Text

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian tanaman hias di sentra flona semanan Jakarta Barat



Sentra Flona Semanan adalah salah satu pusat penjualan tanaman hias yang diharapkan menjadi tujuan utama bagi pecinta tanaman hias. Sentra ini merupakan kawasan Pusat Promosi Usaha Pertanian, Perikanan dan Peternakan milik Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Barat. Lokasi Sentra ini menghubungkan dua wilayah diantaranya Jakarta Barat dan Tangerang. Selain itu Sentra Flona Semanan tidak hanya menawarkan berbagai jenis tanaman hias, tetapi juga menyediakan ikan hias dan burung kicau, menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pecinta flora dan fauna. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui karakteristik konsumen tanaman hias di Sentra Flona Semanan.(2) Mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian tanaman hias di Sentra Flona Semanan.(3) Menganalisis pengaruh faktor, budaya, sosial, pribadi, dan psikologi dalam pengambilan keputusan pembelian tanaman hias di Sentra Flona Semanan.Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2024. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berasal dari lima kelurahan di Kecamatan Kalideres. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Wilayah Kelurahan Semanan menempati posisi pertama untuk responden yang mengunjungi dan telah membeli pembelian di Sentra Flona Semanan dengan 16% dari total populasi, diikuti dengan Kalideres sehingga membuktikan bahwa kemudahan akses dan jarak menjadi faktor utama dalam proses keputusan pembelian. Setiap wilayah didominasi oleh 75% perempuan dengan usia yang produktif dan memiliki penghasilan yang cukup baik. (2) tahapan dalam keputusan pembelian dengan diawali dengan pengenalan kebutuhan dengan tujuan akan manfaat yang diterima didominasi oleh memperindah sesuatu, dengan hobi atau kesenangan sebagai motivasi. Kedua, pencarian informasi, teman dan atau tetangga sebagai sumber informasi atau referensi dan fokus utama dalam pencarian informasi tersebut diantaranya berupa harga diikuti dengan tren. Ketiga, evaluasi alternatif dimana harga yang terjangkau dengan pelayan yang lebih memuaskan serta diimbangin lokasi yang mudah dijangkau mendominasi tahapan tersebut. Keputusan pembelian didominasi oleh faktor pribadi dengan kriteria “tinggi”. Terakhir dengan pasca pembelian sebagian besar responden puas dan ingin kembali lagi. (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tanaman hias Sentra Flona Semanan. Sebaliknya budaya dan sosial yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Kata Kunci : perilaku konsumen;kepuasan pembelian


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR5582024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog