Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis kualitas jalan tambang menggunakan metode urci Pt Antareja Mahada Makmur site Bengalon coal project Kalimantan Timur
PT Antareja Mahada Makmur salah satu kontraktor pertambangan Batubara di Indonesia yang sudah berpengalaman di dalam melaksanakan kegiatan penambangan di berbagai Perusahaan tambang Batubara baik pemegang IUP atau PKP2B. PT Antareja Mahada Makmur atau yang biasa disingkat PT AMM yang berada di Bengalon Coal Project site PT Kaltim Prima Coal di Kabupaten Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) merupakan suatu proses pemindahan lapisan tanah penutup yang bertujuan untuk mengambil bahan galian yang berada dibawahnya, dan merupakan suatu aktivitas pada tahapan awal dari penambangan. Suatu perusahaan yang melakukan kegiatan penambangan, maka harus dilakukan kegiatan pengupasan. Tujuan dari penelitian ini untuk Manganalisis kualitas jalan angkut menggunakan metode URCI dan CBR, menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi untuk memberikan rekomendasi perbaikan, dan Memberikan rekomendasi ketebalan perlapisan jalan bagi jalan angkut overburden. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Geometri jalan terdiri dari lebar jalan lurus, lebar jalan tikungan, kemiringan jalan, superelevasi dan juga crossfall. Beradasarkan hasil uji dengan bantuan dynamic cone penetrometer test, diketahui nilai CBR dari 6 titik uji didapatkan nilai sebesar 67,5, 42, 59.25, 70.90, 50 dan 60, dimana batas kondisi baik suatu jalan berdasarkan persen CBR adalah 55 sehingga terdapat 2 ruas jalan yang tidak dalam kondisi baik. Berdasarkan pengamatan menggunakan metode URCI dengan 7 parameter didapatkan nilai sebesar 65 untuk 2 lokasi pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui pada ketiga sampel batuan yang telah direndam oleh air selama tiga hari diketahui bahwa material yang terdapat pada HEX4035 merupakan material yang cepat larut dalam air sehingga menghasilkan lumpur. Sementara, pada material yang berada di front penambangan HEX4036 dan HEX1440 tidak cepat larut dalam air sehingga material tersebut dapat menjadi material untuk perlapisan jalan setinggi 9 inch untuk sub base dan 7 inch untuk surface course. xi Dibutuhkan waktu selama 14 hari untuk perbaikan dengan jumlah produksi terganggung akibat dari adanya perbaikan jalan yaitu sebesar 206,828.81 bcm untuk front 4036 dan 229,215.18 bcm untuk front 1440.
Kata Kunci : DCP Test;geometri;jalan;KEMIRINGAN
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Prodi Teknik Tambang Sains dan Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xxi,88 Hlm;28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek |
-
|
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Andrew fiade
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog