Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis niat perilaku pengguna aplikasi telemedisin di kalangan generasi z dan milenial di JABODETABEK
Aplikasi telemedisin seperti Halodoc, Alodokter, dan KlikDokter melayani konsultasi dan pengobatan medis yang merupakan aspek vital bagi kehidupan manusia. Namun, pada praktiknya masih terdapat pengguna yang mengalami permasalahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Berdasarkan ulasan pada Google Play Store terkait aplikasi telemedisin, terdapat pengguna yang mengeluhkan lamanya waktu respon, kinerja aplikasi yang tidak sesuai harapan, ketidaksesuian layanan dengan harga yang dibayarkan, kesalahpahaman informasi antara pasien dengan dokter, terjadinya bug pada fitur, bahkan kesulitan dalam mengakses aplikasi telemedisin. Permasalahan tersebut terindikasi memengaruhi User Satisfaction dan Behavioral Intention pengguna dalam menggunakan aplikasi telemedisin. Generasi X-mereka yang lahir antara tahun 1960 dan 1980 adalah yang paling puas dengan telemedisin, padahal Generasi Milenial dan Generasi Z lebih fasih terhadap penggunaan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi pengguna aplikasi telemedisin di kalangan Generasi Z dan Milenial di JABODETABEK. Pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu melibatkan 500 responden yang memenuhi kriteria. Analisis data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS versi 4. Model integrasi Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT 2) dengan model Delone & McLean digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi Behavioral Intention (niat perilaku) pengguna aplikasi telemedisin. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa dari 8 hipotesis, terdapat hipotesis Effort Expectancy terhadap User Satisfaction dan Social Influence terhadap User Satisfaction yang ditolak. Variabel Behavioral Intention paling besar dipengaruhi oleh User Satisfaction. Penelitian ini memberikan pemahaman terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku pengguna aplikasi telemedisin berdasarkan perspektif dari masing-masing pengguna aplikasi tersebut. Hal ini dapat berguna bagi penyedia aplikasi telemedisin sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kepuasan pengguna terlebih dalam menjaga niat perilaku pengguna menggunakan aplikasi tersebut.
KATA KUNCI : Behavioral intention;delone & mclean;telemedisin;UTAUT 2.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xxi,173 Hlm;28 Cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek |
-
|
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Qurrotul aini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog