Image of Perancangan ui/ux aplikasi mobile layanan pengaduan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (ppid) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah menggunakan metode goal directed-design

Text

Perancangan ui/ux aplikasi mobile layanan pengaduan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (ppid) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah menggunakan metode goal directed-design



Keterbukaan informasi publik di lembaga publik, termasuk di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, merupakan aspek penting dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memiliki peran sentral dalam menyediakan akses informasi yang mudah bagi masyarakat. Namun, masih terdapat tantangan dalam menyediakan layanan yang optimal, termasuk dalam hal pengujian usability terhadap website PPID UIN Syarif Hidayatullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan UI/UX aplikasi berbasis mobile layanan pengaduan PPID UIN Syarif Hidayatullah menggunakan Goal-Directed Design serta membandingkan hasil usability antara website PPID dengan aplikasi mobile yang dirancang oleh peneliti. Goal-Directed Design meliputi tahapan research, modeling, requirements, framework, refinement, dan support. Evaluasi usability dilakukan dengan menggunakan metode Retrospective Think Aloud dan System Usability Scale (SUS). Hasil wawancara mengungkap masalah utama seperti fitur permohonan yang belum terintegrasi sempurna, kesulitan pelacakan status pengaduan, dan kurangnya mekanisme umpan balik serta pendaftaran akun. Solusi yang diusulkan mencakup penambahan fitur progres permohonan dan akun pengguna. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai usability setelah perancangan ulang, dengan skor Maze Testing meningkat dari 43,5 menjadi 90,75 dan SUS dari 40,3 (Grade F, “Poor”, “Not Acceptable”) menjadi 80,55 (Grade B, “Good”, “High”). Retrospective Think Aloud menunjukkan peningkatan komentar positif dari 2,8% menjadi 80,6%. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan merancang dari sudut pandang aktor lain seperti petugas PPID, administrator, dan pejabat pengelola informasi untuk memperluas pengetahuan tentang aplikasi PPID UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan menggunakan metode Human Centered Design.
KATA KUNCI : Goal-directed design;layanan pengaduan;maze testing;user experience


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
SI5602024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxii,177 Hlm;28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog