Image of Pemodelan algoritma random forest untuk klasifikasi log access jenis domain pada pandi (pengelola nama domain internet Indonesia)

Text

Pemodelan algoritma random forest untuk klasifikasi log access jenis domain pada pandi (pengelola nama domain internet Indonesia)



Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memainkan peranan penting dalam mengatur dan mengawasi nama domain di Indonesia. PANDI menghadapi tantangan dalam mengelola dan menganalisis log akses infrastruktur .id terutama terkait dengan jenis domain yang sering dikunjungi. Analisis jenis domain tersebut digunakan untuk memahami tren pengguna, serta mengoptimalkan layanan dan infrastruktur dalam merespon permintaan dari domain-domain tersebut. Pemilihan machine learning, khususnya algoritma Random Forest, menjadi alternatif untuk otomatisasi analisis log akses jenis domain pada PANDI melalui klasifikasi. Preprocessing data mengidentifikasi "co.id" sebagai jenis domain paling populer dengan 8.587.093 kunjungan, memberikan panduan untuk pengembangan ekosistem domain internet di Indonesia. Evaluasi model menunjukkan sebagian besar prediksi sesuai dengan label asli yang menandakan keberhasilan model. Performa model mencapai akurasi, presisi, recall, dan F1 sebesar 90%, menandakan kemampuan tinggi dalam mengidentifikasi jenis domain. Secara keseluruhan, model Random Forest memberikan hasil yang sangat baik dalam tugas klasifikasi jenis domain pada PANDI.
Kata Kunci : loc access;machine learning;klasifikasi jenis domain;klasifikasi log access


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
TI3352024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 102 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog