Detail Cantuman
Pencarian Spesifik
Text
Strategi Bisnis Tanaman Hias Pada Koperasi Kontak Andalan Bersama Tangerang Selatan
Koperasi Kontak Andalan Bersama merupakan salah satu koperasi yang berada di Tangerang Selatan dengan kegiatan usaha utamanya adalah bisnis pertanian tanaman hias dengan kegiatan usaha pendukung lainnya dalam bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor kunci internal dan eksternal pada Koperasi Kontak Andalan Bersama, (2) Mengetahui posisi Koperasi Kontak Andalan Bersama, (3) Merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan pada Koperasi Kontak Andalan Bersama, (4) Menentukan prioritas strategi yang diterapkan pada Koperasi Kontak Andalan Bersama. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif dengan alat analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 faktor pada lingkungan internal, terdapat 7 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan dengan skor matriks IFE sebesar 2,773. Sedangkan dari 14 faktor pada lingkungan eksternal, terdapat 10 faktor peluang dan 4 faktor ancaman dengan skor matriks EFE sebesar 2,854. Berdasarkan matriks IE, posisi Koperasi Kontak Andalan Bersama berada pada kuadran 5 yaitu Bertahan dan Menjaga dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil matriks SWOT menunjukkan bahwa rumusan alternatif strategi bagi Koperasi Kontak Andalan Bersama berdasarkan strategi SO (Strength-Opportunity) adalah melakukan survey kepuasan pelanggan secara berkala, dan menjalin kemitraan jangka panjang dengan pedagang tanaman hias di wilayah Jabodetabek untuk mendistribusikan produk. Berdasarkan strategi ST (Strength-Threats) adalah menyediakan layanan konsultasi teknis budidaya tanaman hias secara online dan offline. Berdasarkan strategi WO (Weakness- Opportunity) adalah membuat dan memperbarui database pelanggan berdasarkan produk yang terjual, dan mengembangkan pemasaran secara konvensional dan digital melalui media sosial dan aplikasi untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan strategi WT (Weakness-Threats) adalah menjalin kemitraan dengan pemasok sarana produksi yang berkualitas. Berdasarkan matriks QSP, prioritas strategi alternatif yang dapat diterapkan adalah mengembangkan pemasaran secara konvensional dan digital melalui media sosial dan aplikasi untuk meningkatkan penjualan dengan total skor daya tarik sebesar 7.0655.
Kata Kunci:Strategi,;Tanaman Hias;Koperasi;matriks
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
AGR 614 2025
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2025 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 116 Hlm; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
614
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspitasari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog