Detail Cantuman
Pencarian Spesifik
Text
Analisis kepuasan pengguna aplikasi ojek online dengan menggunakan model end-user computing satisfaction (eucs)
Transportasi online adalah suatu pelaksanaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang bekerja dengan memanfaatkan perkembangan ilmu (teknologi) berbasis aplikasi dan online baik untuk metode pemesanan maupun pembayaran. Namun aplikasi InDrive masih memiliki beberapa kelemahan seperti masih ditemukannya kendala dalam tarif yang tiba-tiba berubah setelah bersepakat oleh driver, tidak adanya perbaikan system, sering terjadi error dan tidak bisa log in, pengguna juga mengeluhkan aplikasi inDrive karena sulit mendapatkan titik lokasi yang pas dan pencarian titik lokasi di maps yang sulit.Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan pengguna pada aplikasi transportasi online inDrive menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan menambahkan variable technology acceptance model (TAM). Menguji variable apa saja yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna akhir aplikasi transportasi online inDrive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model yang digunakan pada penelitian ini adalah EUCS (End-User Computing Satisfaction) dengan variabel content, accuracy, format, ease of use, timeliness, End User Satisfaction serta pada penelitian ini peneliti menambahkan variabel perceived of usefulness. Populasi pada penelitian ini merupakan pengguna aplikasi inDrive yang aktif di wilayah Jabodetabek dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Proses analisis data menggunakan PLS-SEM dengan tools SmartPLS versi 3.2.9. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis kepuasan pengguna aplikasi indrive dengan menggunakan model End-User Computing Satisfaction (EUCS). Dari hasil penelitian semua 5 faktor berpengaruh signifikan, Dimana terdapat satu hepotesis yang tidak signifikan karena nilai t-statistic berada di bawah ambang batas yang telah ditetapkan, yaitu Content terhadap End User Satisfaction. Hal ini karena masih adanya kekurangan fitur pada aplikasi inDrive seperti pembayaran secara online untuk mempermudah user dalam menggunakan aplikasi.
Kata Kunci: Analisis kepuasan pengguna;aplikasi;indrive;PLS-SEM
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SI 584 2025
|
Penerbit | Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2025 |
Deskripsi Fisik |
xviii, 129 Hlm; 28 Cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
584
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Qurrotul Aini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog