Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis perbandingan keberhasilan dan penerimaan lima e-commerce di Indonesia menggunakan model Delone & Mclean yang dikembangkan
Internet atau World Wide Web (www) secara dramatis telah memengaruhi perilaku bisnis. Melalui Teknologi Informasi (IT), internet sekarang dimanfaatkan untuk mendorong aktivitas bisnis dan pasar. Penjualan barang dan jasa secara langsung (direct selling) melalui internet ini dinamakan ‘electronic commerce’ (e-commerce). Laudon dan Traver (2014), mendefinisikan e-commerce sebagai penggunaan Internet, Web, dan aplikasi mobile untuk melakukan transaksi komersial. Berdasarkan data dari Consumer News and Business Channel Indonesia (CNBC Indoensia), terdapat lima e-commerce terbesar yang menduduki pasar di Indonesia berdasarkan jumlah pengunjungnya per kuartal IV-2018. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk melakukan pengukuran keberhasilan dan penerimaan kelima e-commerce menggunakan model DeLone & McLean (2003) yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan dan penerimaan kelima e-commerce menggunakan model DeLone & McLean (2003) yang dikembangkan dan memperoleh tingkat kesuksesan dan penerimaan kelima e-commerce di Indonesia. Selain menggunakan model tersebut, penulis juga melakukan pengembangan model dengan memasukkan variabel Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness dari Technology Acceptance Model (TAM) milik Davis (1985). Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan penentuan jumlah minimum sampel menggunakan rumus Slovin. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Ms. Exel 2016 dan dengan pendekatan PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, Perceived Ease of Use (PEOU) menjadi faktor yang memengaruhi keberhasilan dan penerimaan kelima e-commerce di Indonesia. Berdasarkan perhitungan R2, maka nilai rata-rata tingkat keberhasilan dan penerimaan kelima e-commerce adalah 0,629 atau setara dengan Medium Strenght.
Kata Kunci : E-commerce, Keberhasilan Sistem, Penerimaan Sistem, DeLone & McLean, TAM, PLS-SEM.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
056 SI 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 139 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
056 SI 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A’ang Subiyakto
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog