Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis sentimen terhadap produk otomotif dari twitter menggunakan kombinasi algoritma k-nearest neighbor dan pendekatan lexicon (studi kasus: mobil toyota)
Analisis sentiment merupakan cabang penelitian dari text mining. Dalam dunia bisnis, opinion mining banyak digunakan untuk menganalisis secara otomatis opini pelanggan tentang produk dan pelayanannya. Fokus dari opinion mining adalah melakukan analisis opini dari suatu dokumen teks. Pengolahan kata dalam penelitian ini berkaitan dengan proses klasifikasi dokumen tekstual ke dalam lima kelas, yaitu gembira, marah, sedih, kecewa, dan takut. Data opini diperoleh dari jejaring sosial Twitter berkaitan dengan komentar netizen terhadap produk otomotif dari Toyota sebanyak 1000 komentar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan algoritma k-NN dalam mengklasifikasi data uji. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi dari algoritma k-NN. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model confusion matrix pada data uji. Pengujian juga dilakukan terhadap penentuan nilai k pada algoritma k-NN. Hasilnya, tingkat akurasi terbaik kombinasi algoritma k-NN dan pendekatan lexicon yaitu sebesar 83% dengan nilai k pada algoritma k-NN adalah k=3.
Kata kunci : Analisis Sentimen, opinion mining, text mining, Twitter, klasifikasi, k-NN, Lexicon, Confusion Matrix.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
035 TI 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 107 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
035 TI 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Marzuki Shofi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog