Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis kepuasan pengguna Auto2000 Mobile menggunakan model end-user computing satisfaction
PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation (AUTO2000) menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan telah melakukan beberapa peningkatan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Satu diantaranya yaitu dengan menghadirkan AUTO2000 Mobile, yang merupakan fasilitas pemesanan servis kendaraan secara online yang diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan pengguna sehingga diharapkan mampu mempercepat proses bisnis dan mengurangi bahkan menghilangkan durasi waktu mengantri. Namun dalam penerapannya masih banyak kekurangan maupun kelemahan yang dirasakan pengguna diantaranya masih ada bugs, tidak ada fitur real-time chat serta beberapa pengguna masih kesulitan menggunakan aplikasi tersebut, sehingga perlu dilakukan penelitian terkait kepuasan pengguna akhir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kepuasan pengguna akhir dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna akhir Aplikasi AUTO2000 Mobile. Metode penelitian ini menggunakan End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan pendekatan kuantitatif dan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna AUTO2000 Mobile. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 252 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dan offline dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan penentuan jumlah minimum sampel menggunakan rumus slovin. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Ms. Excel 2016 dan dengan pendekatan PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.2.7. Hasilnya, dari 5 jalur yang diuji, H0 ditolak untuk 4 variabel dan H0 diterima untuk 1 variabel, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna adalah accuracy, content, format dan ease of use. Hasil penelitian ini merekomendasi kepada AUTO2000 sebagai pihak yang berwenang mengembangkan sistem bahwa diutamakan agar lebih fokus pada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna akhir sistem seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, AUTO2000, AUTO2000 Mobile, End-User Computing Satisfaction (EUCS), PLS-SEM, SmartPLS
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
059 SI 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xvii, 127 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
059 SI 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A’ang Subiyakto
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog