Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Strategi pemasaran produk olahan ikan pada PT. Salimah Prima Cita Tangerang Selatan
Pengolahan ikan menjadi ujung tombak dalam meningkatkan dan merangsang konsumsí ikan masyarakat. Karena dengan berbagai varian dan inovasi pengolahan dapat meningkatkan nilai tambah (added value) dari komoditas perikanan yang selama ini hanya dikonsumsi dalam bentuk ikan segar. PT. Salimah Prima Cita adalah salah satu perusahaan yang menjual produk olahan ikan beku (frozen food) dengan merek dagang “Salimah Food” dengan berbagai variasi hidangan yang mengundang selera. PT. Salimah Prima Cita memposisikan diri sebagai sebagai produk olahan ikan yang praktis dan aman dikonsumsi. Penurunan penjualan dan penjualan yang tidak mencapai target serta adanya
pesaing dengan perusahaan yang menjual produk sejenis menjadikan persaingan semakin ketat berdampak pada kinerja dan keberlangsungan PT. Salimah Prima Cita dalam proses pemasaran
produk olahan ikan. Dari permasalahan yang ada, tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis
faktor internal pemasaran yang selama ini diterapkan pada PT Salimah Prima Cita, (2) Menganalisis
strategi alternatif pemasaran yang dapat diterapkan PT. Salimah Prima Cita dalam rangka meningkatkan penjualan, (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran yang sesuai dengan PT. Salimah Prima Cita dalam rangka meningkatkan penjualan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penelitian lapang dengan mengumpulkan data terkait langsung dengan topik penelitian. Data primer dilakukan dengan cara wawancara, kuesinoer terbuka dan kuesinoer tertutup dengan pihak perusahaan, Manajer Umum, Kepala Divisi Marketing dan Kepala Divisi Quality Assurance and Vendor.. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini merupakan data pelengkap yang diperoleh dari berbagai instansi yang terkait serta studi pustaka dan sumber-sumber literature yang mendukung untuk memperkuat teori sebagai dasar dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive (sengaja) kepada pihak-pihak yang memahami permasalahan dan kondisi perusahaan dalam proses pemasaran produk di PT. Salimah Prima Cita
, dengan cara wawancara sebagai studi pendahuluan permasalahan, selanjutnya kuesioner terbuka berupa FGD (Focus Grup Discution) diberikan kepada tiga orang pakar, yaitu Manajer Umum, Kepala Divisi Marketing dan Kepala Divisi Quality Assurance & Vendor. Dan terakhir metode
kuesioner setengah terbuka dan setengah tertutup yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan yang telah disediakan pilihan jawabannya untuk dipilih
oleh pakar yang telah ditetapkan. Diolah menggunakan menggunakan alat bantu software komputer yaitu Expert Choice 11 dan Microsoft Excel 2013. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Faktor yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran di PT. Salimah Prima Cita ditentukan berdasarakan bauran pemasaran 7P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat/Distribusi (Place),Promosi (Promotion), Lingkungan Fisik (Physical Evidence), Tenaga Kerja (People), dan Proses (Process). Aktor yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran PT. Salimah Prima Cita terdiri dari Direktur Utama, Direksi Keuangan dan Manajer Umum. Alternatif Strategi yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran PT. Salimah Prima Cita terdiri dari meningkatkan kualitas mutu produk, melakukan penyesuaian harga jual produk, memperbaiki saluran distribusi pemasaran produk dan memberikan promosi dan potongan harga atau diskon produk. Berdasarkan hasil analisis dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), bahwa prioritas utama PT. Salimah Prima Cita Tangerang Selatan dalam strategi pemasaran produk olahan ikan adalah meningkatkan kualitas mutu produk dengan bobot 0.441, selanjutnya adalah melakukan penyesuaian harga jual produk dengan bobot 0.262 , ketiga adalah memperbaiki saluran distribusi pemasaran produk dengan bobot 0.218, dan yang terakhir adalah memberikan promosi dan potongan harga atau diskon produk dengan bobot 0.079.
Kata kunci: Analytic Hierarchy Process (AHP), PT. Salimah Prima Cita, Produk Olahan Ikan, Strategi Pemasaran
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
014 AGR 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 135 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
014 AGR 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Rochaeni
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog