Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Perancangan game ‘myroom’ untuk mempermudah dalam menata kamar menggunakan markerless augmented reality
Penataan ruangan penting untuk dilakukan demi kenyamanan, keefektifan,kefesienan, dan menghindari penyakit yang muncul akibat ruangan tak tertata. Namun, berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden dalam masa kanak-kanak akhir yang berkisar dari 6-13 tahun, 56.5% mengatakan merasa kebingungan dan 56% merasa kesulitan pada saat mereka menata kamarnya. Untuk itu, penulis merancang game mobile menggunakan markerless augmented reality untuk membantu mempermudah dalam menata kamar. Pengguna hanya perlu
mengarahkan kamera ke tempat dengan cukup cahaya dan permukaan yang rata untuk kemudian memainkan gamenya. Sistem dibuat menggunakan metode pengembangan agile dengan Unity 3D, Vuforia SDK, dan Android SDK. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari 50 responden yang mencoba sistem ini, sebesar 73.6% mengatakan game ini sudah cukup membantu dalam mempermudah penataan kamar.
Kata Kunci : Game, penataan, augmented reality, markerless, unity 3d
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
039 TI 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 93 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
039 TI 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Marzuki Shofi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog