No image available for this title

Text

Penentuan prioritas incident pada framework itil dengan metode support vector machine (studi kasus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Menjaga keberlangsungan sistem IT menjadi tugas utama bagi sebuah divisi IT Operation. Salah satu komponen penting yang harus dijaga adalah proses penanganan sebuah masalah (dalam framework ITIL disebut Incident Management). Kesalahan dalam penentuan prioritas insiden dapat mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas layanan dan kepuasan pengguna yang berdampak pada tidak tercapainya tujuan bisnis bagi sebuah organisasi. Penulis mencoba melakukan otomatisasi pada penentuan prioritas incident dengan metode Support Vector Machine menggunakan parameter waktu, department, dan subcategory. Kumpulan data historis dari incident di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah memiliki label prioritas digunakan sebagai data training dalam penelitian. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa metode SVM memiliki performa yang baik untuk melakukan prioritization incident, dengan rata-rata akurasi 84%, error rate 16%, recall 75%, specificity 89%, precision 80%, dan F1-Score 76,22%.
Kata Kunci : ITIL, Incident Management, Prioritas Incident, Support Vector Machine, Otomatisasi


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 038 TI 2019
TI038
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
038 TI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 90 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
038 TI 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog