Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Penentuan prioritas incident pada framework itil dengan metode support vector machine (studi kasus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Menjaga keberlangsungan sistem IT menjadi tugas utama bagi sebuah divisi IT Operation. Salah satu komponen penting yang harus dijaga adalah proses penanganan sebuah masalah (dalam framework ITIL disebut Incident Management). Kesalahan dalam penentuan prioritas insiden dapat mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas layanan dan kepuasan pengguna yang berdampak pada tidak tercapainya tujuan bisnis bagi sebuah organisasi. Penulis mencoba melakukan otomatisasi pada penentuan prioritas incident dengan metode Support Vector Machine menggunakan parameter waktu, department, dan subcategory. Kumpulan data historis dari incident di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah memiliki label prioritas digunakan sebagai data training dalam penelitian. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa metode SVM memiliki performa yang baik untuk melakukan prioritization incident, dengan rata-rata akurasi 84%, error rate 16%, recall 75%, specificity 89%, precision 80%, dan F1-Score 76,22%.
Kata Kunci : ITIL, Incident Management, Prioritas Incident, Support Vector Machine, Otomatisasi
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
038 TI 2019
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2019 |
Deskripsi Fisik |
xv, 90 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
038 TI 2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Marzuki Shofi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog